PRODUKSI BATIK DI DESA PERKEBUNAN TANJUNG KASAU BUTUH PERHATIAN PEMKAB BATU BARA

By BK November 18, 2021 88
Foto Kepala Desa Perkebunan Tanjung Kasau Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batu Bara, Bapak Suheri, sedang memperhatikan para pembatik, Selasa (16/11). Foto Kepala Desa Perkebunan Tanjung Kasau Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batu Bara, Bapak Suheri, sedang memperhatikan para pembatik, Selasa (16/11).

Batu Bara (Polmas)

Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh terhadap kehidupan masyarakat secara umum baik masyarakat perkotaan mupun masyarakat pedesaan. Hal yang paling terasa berat adalah masalah ekonomi dan income keluarga. Kesulitan aktifitas akibat berbagai pembantasaan kegiatan sosial masyarakat mengakibatkan melambatnya perputaran perekonomian. Hal ini juga dirasakan oleh warga Desa Perkebunan Tanjung Kasau kecamatan Laut Tador Kabupaten Batu Bara. Namun demikian warga dan Pemerintahan Desa tidak menyerah pasrah begitu saja. Warga dan Pemerintahan bersama mencoba berpikir dan bertindak kreatif - inovatif , membangun sebuah kerjasama untuk sebuah usaha kelompok.

Pada 1 September 2020, terbentuklah kelompok yang diberi nama PRIMA JAYA (PRAJA) yang bergerak pada bidang produksi Batik Tulis dan Batik Cap. Dikelola oleh Ibu-ibu PKK diketuai oleh Ibu Sumiati istri Kepala Desa dengan jumlah anggota sebanyak 13 orang. Keahlian membatik diperoleh melalui pelatihan yang diselengggarakan oleh Dinas Koperindag kabupaten Batu Bara.

Suheri selakuk Kepala Desa mengatakan tujuan dari kegiatan membatik ini adalah untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama masyarakat yang terlibat secara langsung dalam proses produksi dan juga pemasaran,  kedepan diharapkan mampu menjadi penyumbang PAD Desa. Modal awal Rp. 25. 000.000,- bersumber dari Dana Desa ,dan saaat ini modal tersebut telah berkembang.

Foto Istri Kepala Desa Perkebunan Tanjung Kasau Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batu Bara, Ibu Sumiati, sedang memperlihatkan hasil produksi batik karya warganya, Selasa (16/11).

Batik yang diproduksi diberi nama sesusai dengan identitas Kab. Batu Bara antara lain Batik serampang duabelas, istana lima laras, tepak sirih, meriam buntung, pucuk rebung dan nama lainnya, sesuai dengan identitas dan potensi Batu Bara. Saat ini Produksi yang dihsilkan sebanyak 20 lembar batik tulis dan 20 lembar batik cap setiap bulan, dikarenakan permintaan yang belum banyak, padahal mereka mampu memproduksi jauh lebih banyak dari itu. Sekali lagi pemasaran masih menjadi kendala, mereka berharap perintah daerah Kab. Batu Bara terutama Dinas terkait dapat membantu dalam hal ini. Disamping itu mereka juga berharap mendapat perhatian dan bantuan baik berupa modal alat, modal kerja dan juga ruang produksi mengingat saat ini mereka melakukan segala kegiatan produksi di Aula Balai Desa yang berukuran 40 meter per-segi. Kendala yang sering dihadapi adalah kerja dan produksi terpaksa dihentikan apabila ada kegiatan desa misalnya rapat dan pertemuan warga.

Selain memproduksi Batik dalam bentuk kain, saat ini juga telah diproduksi, tas batik, dompet batik, sendal hotel dan masker. Ini semua dapat diproduksi banyak sesuai dengan permintaan, namun permintaan lagi-lagi masih sepi. Harapan kepada Pemerintah agar dapat memberikan perhatian khusus, misal setiap dinas dapat mendorong lingkungan dinas untuk membeli produk Batik Prima Jaya baik dalam bentuk kain batik maupun produk lainnya. Masalah harga pastilah tidak mahal.

Pengaruh positif dari kegiatan ini dapat dirasakan secara langsung oleh ibu-ibu pembatik, karena dengan kegiatan ini mereka merasakan mendapatkan hasil secara ekonomi juga sosial. Secara ekonomi mereka memiliki pendapatan tambahan dan secara sosial mereka memiliki rasa percaya diri yang lebih baik karena mereka telah mampu memberdayakan diri dan tidak Cuma menganggur dirumah. Mereka memiliki rasa kebanggan.

Kelompok Batik Prima Jaya yang baru berusia satu tahun telah menorehkan berbagai prestasi, diantaranya, Juara I Lomba fashion show Hijab wasta Kab. Batu Bara. Juara II Inovasi dan Potensi Desa. Juga ikut berpartisipasi dalam acara Miss Global. (BK)

 

© 2021 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved