Warga Desa Huta Namale Jadikan Lahan Kosong Jadi Kawasan Agrowisata

By IO December 30, 2021 22

Panyabunganl (POLMAS Poldasu Online)
Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tidak hanya memiliki wisata Gunung akan tetapi kawasan ini juga sudah ada Agrowisata tepatnya di Desa Huta Namale

Lokasi Agrowisata yang berada di Desa Huta Namale hanya memakan waktu tempuh kurang lebih, 30 minit dari pusat kota Panyabungan demikian disampaikan Kadis Parawisata Yasir Lubis.SP,
di desa Huta Rabu, (29/12/2021 ).

Agrowisata yang ada di desa Huta Namale ini dapat dipetik dan lansung santap, ungkapnya .

Selanjutnya disampaikan " agrowisata ini bermula dari inisiatif dan diskusi panjang kelompok masyarakat yang ada di desa Huta Namale untuk bisa menaikan nama desa Huta Namale dan peningkatan perekonomian warga.

Lokasi lahan Agrowisata ini awalnya merupakan lahan kosong yang dipenuhi semak-semak, namun dorongan dari pemerintah melalui Dinas Parawisata ahirnya di tanami sayur-sayuran dan setelah itu kita dari pemerintah mendorong agar masyarakat berkunjung ke Agrowisata ini, karena lokasinya sangat asri, sejuk, serta panorama pemandangan yang indah.

Disamping tempat wisata disini pengunjung juga dapat belajar menanam dan petik sendiri untuk disantap dan lokasi agrowisata ini ada sayur-sayuran, ada jenis buah bahan seperti Alpokat, dan juga jeruk, semuanya dapat dinikmati pengunjung dengan membayar kepada kelompok tani, sebutnya.

Kemudian disebutkan, " jadi masyarakat kita tidak perlu lagi jauh-jauh untuk berwisata, cukup dengan datang ke desa Huta Namale kec.Puncak Sorik Marapi, dapat bersantai bersama keluarga.

" Dan agrowisata ini tidak terlepas dari peran Universitas Sumatera Utara (USU) yang mana mereka memberikan bebera jenis bibit dan cara menanam dan jika ada kendala USU siap memberikan pendampingan," sebutnya.

Kemudia kita juga menjalin kerja sama dengan PT.SMGP untuk menyediakan pondok tempat pengunjung dan tempat duduk santai, dan kita dari Dinas Parawisata mengajari kelompok ini bagaimana meyambut tamu dengan baik dan penyajian makanan, imbuhnya. (071)

© 2021 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved