Pembocor Rahasia Negara mengelilingi Bupati Batubara

By Amiin January 05, 2022 110

Batubara (POLMAS).
Diduga pembocor Rahasia Negara bergentayangan di pemerintahan Ir Zahir M.AP ,di sampaikan pada pidato dalam rangka pelantikan eselon II,III dan IV di rumah dinas Bupati di Tanjung Gading pada Senin 3 Januari 2022.

Pemberitaan di salah satu media online yg terlanjur menjadi konsumsi publik dan menjadi pembahasan masyarakat sekaligus berita yg cukup membuat masyarakat resah,
Ada apa dengan Batubara?

Awak media Polmas Poldasu sekaligus sebagai kontrol sosial mencoba mengklarifikasi dan mencari tanggapan dari berbagai pihak .

Salah satunya wartawan Polmas Poldasu meminta tanggapan dari putra daerah Batubara yg sekaligus penyuluh anti korupsi yg sudah lulus asesmen Lembaga Sertifikasi Profesi Komisi Pemberantasan Korupsi

Menanggapi pidato Bupati Batu Bara, maka Hermansyah Putra Hasibuan merekomendasikan presiden RI c/q. Mendagri agar menyampaikan surat secara tertulis ke Bupati Batu Bara untuk memberi sanksi tegas dan melaporkan oknum ASN/pejabat Daerah Kabupaten Batu Bara yang di duga berkhianat membocorkan rahasia Negara untuk diproses hukum karena membocorkan rahasia Negara merupakan tindak pidana.

Namun jika data terkait pengelolaan Keuangan Negara c/q. Keuangan Daerah serta Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Data terkait kinerja Pemerintah merupakan informasi publik karena merupakan data yang terkait dengan penyelenggaraan Negara dan kepentingan publik sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP)

Akan tetapi, ada informasi publik yang yang tidak dapat diberikan oleh Badan Publik dan/atau rahasia negara adalah:
a. informasi yang dapat membahayakan negara;

b. informasi yang berkaitan dengan kepentingan perlindungan usaha dari persaingan usaha tidak sehat;

c. informasi yang berkaitan dengan hak-hak pribadi;

d. informasi yang berkaitan dengan rahasia jabatan; dan/atau

e. Informasi Publik yang diminta belum dikuasai atau didokumentasikan,jelas hermansyah

Ketika wartawan Polmas Poldasu mencoba meminta tanggapan Tentang apa yang di sampaikan Bapak Bupati Batubara Ir Zahir M.AP dalam pidatonya bahwa banyaknya pejabat Batubara di pemerintahan nya yg menjadi penghianat pembocor rahasia negara kepada M.Safi'i ,S.H tentulah kapasitasnya sebagai ketua DPRD Batubara .

Penjelasan yang di minta adalah menurut Pasal 44 Setiap Orang yang dengan sengaja mencuri, membuka, dan/atau membocorkan Rahasia Intelijen sebagaimana dimaksud dalam Pasal 26 dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 (sepuluh) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).

Namun sangat di sayangkan sampai berita release, tanggapan dan penjelasan yang diminta awak media di kirim lewat WhatsApp (WA) pribadi ketua DPRD kabupaten Batubara hanya bertanda dua contreng biru. (Rabu 5 Januari 2022)

© 2021 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved