Bupati Uji Kemampuan “Gasing” Para Pelajar Saat Tinjau Vaksinasi Anak

By MT January 12, 2022 18

Tabloid Poldasu, Pakpak Bharat

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor melihat langsung pelaksanaan vaksinasi massal bagi kelompok anak usia 6-11 tahun dibeberapa Sekolah Dasar se Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe di antaranya SDN 030419 Panggegean, Selasa (11/01/2022).

Dalam kesempatan ini Bupati juga memberikan motivasi-motivasi dan dorongan semangat kepada para pelajar yang rata-rata masih duduk dibangku Sekolah Dasar dalam menimba ilmu.

Harapan besar saya ada dipundak anak-anakku semua, bahwa Pakpak Bharat nduma akan kita raih salah satunya bila kemampuan dan kualitas Sumber Daya Manusia yang kita punya meningkat dan berada pada level yang berdaya saing.

sekali lagi saya katakan harapan besar ini ada dipundakmu semua, semangat belajar, jaga kesehatan, jangan putusasa dalam setiap permasalahan yang ada, pesan Bupati dihadapan puluhan siswa-siswi Sekolah Dasar ini. Bupati juga sempat menguji kemapuan beberapa siswa dalam kemahiran mereka teknik berhitung cepat ala Gasing. Sebagaimana diketahui beberpa waktu lalu puluhan siswa dan guru di Kabupaten Pakpak Bharat mengikuti pelatihan metode GASING (Gampang, Asyik, Menyenangkan) di Institute Teknologi DEL. Beberapa temanmu yang kemarin mengikuti pelatihan gasing ayo coba praktekin dulu, pinta Bupati disambut riuh para pelajar.

Sigap seorang pelajar langsung memperagakan beberapa teknik berhitung cepat ini dengan sangat terampil. Sederet perkalian panjang yang sangat rumit bagi sebagian awam ternyata bukan soal sulit baginya.

Dia bahkan mampu menghitung cepat deretan angka bahkan mencapai ribuan dan langsung mengundang decak kagum Bupati beserta seluruh rombongan.

Selamat ya, saya harap kamu bisa menjadi pelopor bagi teman-temanmu yang lain, ilmu yang kamu dapat supaya dibagikan kepada teman-temanmu disini, pesan Bupati.

Terkait pelaksanaan vaksinasi ini adalah sesuai arahan langsung dari Presiden RI beberapa waktu lalu tentang pemberian vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun dan langsung kita tindak lanjuti dengan pemberian vaksinasi yang sebenarnya sudah kita mulai jauh hari sebelumnya, ungkap Bupati.

Sesuai amanat Menteri Kesehatan RI yang tertuang dalam Surat Keputusan No.HK.01.07/MENKES/6688/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi corona virus disease (covid 19) bagi kelompok anak usia 06-11 tahun.

dalam pelaksanaannya nanti kita akan selalu mengikuti petunjuk teknis dan hasil pemeriksaan dokter, artinya anak yang akan diberikan suntikan vaksin harus benar-benar memenuhi kriteria kesehatan yang ditetapkan, ungkap nya.

Tujuan utama dari dilaksanakan vaksinasi usia anak ini adalah supaya apa yang disebut sebagai herd immunity, kekebalan kelompok segera tercapai khususnya di Kabupaten Pakpak Bharat.

Bupati juga menjelaskan bahwa pihaknya akan terus mengupayakan pelaksaan vaksinasi anak ini secepat mungkin.Hal ini dirasa sangat perlu mengingat bahwa pelaksanaan proses pembelajaran tatap muka akan segera dilaksanakan.

Sesuai petunjuk dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bahwa hanya anak yang telah terlindungi oleh vaksin covid 19 lah yang diijinkan untuk mengikuti pembelajaran tatap muka.

Tingkat literasi anak kita belakangan ini sangat merosot tajam, hal ini semakin diperparah oleh adanya kebijakan untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara online yang dirasa sangat kurang efisien.

hal ini tentunya menjadi hambatan tersendiri dalam upaya kita untuk membangun dan mempersiapkan generasi emas Pakpak Bharat dimasa yang akan datang, nah dengan adanya vaksinasi ini.

mudah-mudahan anak-anak akan selalu sehat dan dapat segera kembali kebangku sekolah, dan oleh karenanya melalui forum ini juga saya menghimbau kepada seluruh orang tua agar segera membawa anak-anaknya ke fasilitas kesehatan, puskesmas dan sebagainya untuk segera diberikan suntikan vaksiansi covid 19, pesan Bupati.

Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si, Plt Kepala Dinas Pendidikan Pakpak Bharat, Drs. Manihar Tumanggor dan beberapa Pejabat lainnya turut mendamping Bupati dalam kunjungan ini. 

© 2021 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved