Wali Kota Medan Nonaktif Dzulmi Eldin Disidang 5 Maret 2020

By February 28, 2020 26

Medan (POLMAS) - KPK sudah melimpahkan berkas perkara Wali Kota Medan Nonaktif Dzulmi Eldin Ke Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi Medan. Dzulmi Eldin rencananya akan melakukan sidang perdana pada 5 Maret 2020.

"Berkas sudah di PN Medan kemarin dan sudah ditetapkan sidangnya Kamis (5/3/2020)," ucap Humas PN Medan Erintuah Damanik, Kamis (27/2/2020). Saat ini Dzulmi Eldin sudah dititipkan di Lapas Kelas 1 Tanjung Gusta Medan.

Isa Ansyari Divonis 2 Tahun

Sementara itu, mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan Isa Ansyari divonis penjara selama 2 tahun dan denda Rp 250 juta subsider 4 bulan kurungan.

Isa Ansyari dinyatakan terbukti memberi suap sebanyak Rp 530 juta kepada Wali Kota Medan nonaktif Dzulmi Eldin. Menurut Hakim, Isa Ansyari telah terbukti bersalah karena melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Dalam amar putusan, hakim menyatakan hal memberatkan terdakwa karena telah melakukan penyuapan kepada Wali Kota Medan, dan tidak mendukung program pemerintah dalam penghapusan tindak pidana korupsi. Dalam sidang sebelumnya, Jaksa KPK Zainal Abidin menuntut terdakwa dengan penjara 2 tahun 6 bulan, dengan denda Rp 250 juta dan subsider 6 bulan kurungan.

Dalam dakwaan Jaksa, disebutkan bahwa terdakwa Isa Ansyari selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan telah melakukan beberapa perbuatan yang mempunyai hubungan sedemikian rupa sehingga harus dipandang sebagai perbuatan berlanjut, telah memberi atau menjanjikan sesuatu yaitumemberi sesuatu berupa uang.

Diantaranya sebesar Rp 20 juta sebanyak 4 kali hingga seluruhnya berjumlah Rp80 juta lalu sebesar Rp 200 juta, sebesar Rp 200 juta dan sebesar Rp 50 juga hingga jumlah seluruhnya sebesar Rp 530 juta kepada Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. (Red)

 
 
© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo