Dokter Gigi Aniaya Asisten Rumah Tangga Divonis 10 Bulan Penjara

By April 08, 2019 7
Siantar (POLMAS) - Hakim di Pengadilan Negeri (PN) Siantar akhirnya menjatuhkan vonis 10 bulan penjara kepada terdakwa kasus kekerasaan dalam rumah tangga (KDRT), Herawati Sinaga, Kamis (4/4/2019) sore. 
 
Sidang dipimpin hakim Ketua Fitra Dewi dan ditemani dua hakim anggota Fhytta dan Nuzuli. 
 
Dalam amar putusannya, Herawati yang berprofesi sebagai dokter gigi dinyatakan majelis hakim terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana melakukan kekerasan fisik dalam dalam lingkup rumah tangga, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 44 ayat 1 UU RI Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. 
 
“Menjatuhkan pidana penjara selama 10 bulan penjara,” kata Hakim Fitra Dewi. 
 
Vonis tersebut persis sama atau comform dengan tuntutan JPU Rahma Sinaga sebelumnya. 
 
Usai pembacaan vonis, Martin selaku kuasa hukum terdakwa meminta kepada waktu selama 7 hari kepada majelis hakim untuk pikir-pikir atas vonis yang diberikan. 
 
Dikawal PM dan Polisi 
 
Sepanjang persidangan tersebut, masing-masing 3 personel dari Detasemen Polisi Militer (PM) dan Satuan Sabhara Polres Pematangsiantar berjaga-jaga di dalam dan luar ruang sidang. Humas PN Siantar Simon mengatakan, Polisi dan PM yang dihadirkan untuk pengamanan. 
 
“Suami dari terdakwa kan oknum TNI. Jadi, tadi ibu Ketua PN meminta bantuan kepada PM untuk pengamanan di ruang sidang agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan,” kata Simon. 
 
Diketahui sebelumnya, Herawati Sinaga duduk sebagai terdakwa di persidangan setelah diadukan asisten rumah tangganya, Serti Butarbutar, ke pihak kepolisian. 
 
Dalam laporannya, Serti yang ketika itu didampingi ibunya Nurmaida Hasibuan, mengaku bahwa penganiayaan itu dilakukan sang majikan Herawati di Jalan Viyata Yudha. 
 
Serti juga mengaku sempat disekap di kamar mandi, dipukuli dan tidak digaji selama bekerja di rumah Herawati. Serti akhirnya berhasil kabur dari dalam kamar mandi saat majikannya itu sedang melangsungkan aktivitas di gereja. (Red)
 
 
© 2019 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved