Tiga Tersangka Pembunuh Hakim PN Medan Diancam Hukuman Mati

By March 11, 2020 68

Medan (POLMAS) - Kasus pembunuhan seorang hakim di Medan , berkasnya akan segera dilimpahkan ke pengdilan. Informasi diperoleh Selasa kemarin, tersangka pelaku yang tak lain adalah istri almarhum sendiri, Zuraida Hanum dan Cs, diancam hukuman mati atau penjara seumur hidup dan minimal penjara 20 tahun.

Berkas perkara tiga tersangka pembunuh hakim Jamaluddin dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Medan. Tiga tersangka pembunuh Hakim Jamaluddin yaitu istri almarhum Zuraida Hanum (41), M Jefri Pratama (42), M Reza Fahlevi (29).

Hal ini disampaikan, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan, Dwi Setyo Budi Utomo. Dwi menegaskan bahwa ketiganya dijerat pasal 340 KUHPidana tentang pembunuhan berencana.

"Pasal 340 dan pasal 338 dengan ancaman hukuman mati," tegas Dwi Setyo Budi Utomo. Adapun dalam KUHP, Pasal 340 soal pembunuhan berencana berbunyi: Barang siapa sengaja dan dengan rencana lebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama 20 tahun.

Jaksa yang akan menyidangkan perkara ini disebutkan Dwi Setyo Budi Utomo, adalah jaksa pidana umum senior di Kejari Medan. "Ada Kasipidum Parada, M Yusuf, Mirza, Chandra Naibaho dan Rambo Sinurat," ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa proses pemeriksaan di kejaksaan berjalan lancar. "Pagi tadi baru kita lakukan penyerahan tersangka dan barang bukti terhadap 3 berkas perkara dan 3 tersangka.

Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, dalam waktu dekat kita akan segera limpah ke PN Medan," tuturnya, Selasa (10/3/2020). Dwi menerangkan bahwa berkas perkara selesai cepat untuk bisa dinyatakan lengkap (P21).

"Saya sangat apresiasi penyidik dan Pak Kapolres Medan karena dalam waktu yang singkat berkas yang sudah kita koordinasikan, berkas langsung P21, ini sangat luar biasa," jelas Dwi.

"Setelah kita menerima berkas perkara dari penyidik Polrestabes Medan, kita pelajari, kemudian kita diskusikan dengan kejati kemudian kita tentukan bahwa berkas perkara yang kita pelajari itu ternyata lengkap dan kita nyatakan P21," tambahnya. Saat ini dijelaskan bahwa kondisi ketiganya dalam keadaan yang baik. (tro)

© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo