Tiga Tersangka Pencurian Ternak di Ringkus Sat Reskrim Parmonangan Tapanuli Utara

By February 05, 2021 535

Parmonangan,Taput, (Tabloid Polmas Poldasu)   04/02/2021 - Tak dapat batang akar pun jadi , tak dapat daun ranting pun jadi. Inilah prinsip tiga orang tersangka yang berhasil di bekuk anggota sat reskrim polsek parmonangan polres taput selasa (2/2 ) pukul 00.30 wib dini hari.

Ketiga tersangka yang berhasil di bekuk yakni : Dedi lumbantobing (19) pelajar kelas III SMK warga dusun I desa pagar batu kecamatan Sipoholon taput, Leopardo Hutabarat, (15 ) pelajar kelas I SMP, warga dusun II desa pagar batu kec. Sipoholon taput dan Haikal Manalu, (16) pelajar kelas 1 SMK warga desa lobu sunut kecamatan parmonangan taput.

Kapolres taput AKBP Muhamnad Saleh S.I.K. MM. melalui kasubbag humas Aiptu W. Baringbing membenarkan penangkapan ini. 

Ketiga tersangka yang masih berstatus pelajar ini ditangkap selasa 2/2 pukul 00.30 wib dini hari, saat beraksi melakukan pencurian karbau milik korban Nassi Manalu ( 57 ) warga desa lobu sunut kecamatan parmonangan taput.

Jadi mereka tertangkap setelah menarik kerbau milik korban yang saat itu sedang di ikat di depan rumah korban sendiri. Ketiga tersangka sudah melepas tali ikatan ternak tersebut, dan menarik nya sejauh tiga meter hendak membawa ke tempat yang aman. 

Naas, saat hendak membawa curian nya, tiba-tiba tetangga korban Rismali Br Purba terbangun dan mendengar aksi ketiga tersangka. 

Saksi RS pun membuka pintu dan langsung bersorak menyebut " Panakko Horbo " pencuri kerbau. Warga dan pemilik ternak pun langsung terbangun dan mengepung tersangka , alhasil tersangka DL dan LH pun berhasil diamankan sedangkan HM sempat lolos dan melarikan diri. Saat kedua tersangka berhasil diamankan, anggota bhabinkamtibmas polsek pun segera tiba di TKP dan langsung komunikasi dengan polsek dan malam itu juga kedua tsk diamankan di polsek.

Dari hasil pemeriksaan sat reskrim polsek, kedua tersangka mengakui perbuatannya. Mereka bertiga sudah berencana melakukan pencurian ternak, namun tidak tertuju sasaran ternak jenis apa, yang pasti tujuan nya kalau babi yang ada itu di curi, anjing yg ada itu juga bisa, atau kerbau dan sapi yang ada itu pun akan disikat.

Melakukan pencurian jenis babi, anjing dan ayam, ketiga tersangka sudah terbiasa . Saat beraksi pada malam itu , tersangka melihat satu ekor kerbau yang strategis untuk disikat, sehingga mereka pun berusaha untuk mengambil nya.

sebelum mereka beraksi malam kejadian, ketiga tersangka sudah merental mobil Avanza siang harinya untuk operasional malam. 

Dengan kerja keras anggota sat reskrim polsek, akhirnya tadi pagi kamis 4/2 tersangka pun HM berhasil dibekuk dari tempat persembunyiannya.

Saat ini dua tersangka sudah di tahan sedangkan satu tersangka yang masih baru ditangkap masih dalam pemeriksaan. . Lamhot Silaban.

© 2021 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved