Polres Sergai Ciduk Warga Sei Buluh Tanam Ganja di Ladang Cabai

By March 08, 2019 17
Sergai (POLMAS) - Satuan Reserse Narkoba Polres Sergai mengamankan seorang pria yang kedapatan menanam pohon ganja di ladang cabai miliknya, di Dusun Suka Makmur, Desa Sei Buluh, Kecamatan Teluk Mengkudu, Rabu (6/3/2019) pagi. 
 
Hendra (36), pemilik lahan diamankan polis berikut barang bukti sebatang pohon ganja, sekira pukul 9.00 Wib. 
 
Kasat Narkoba Polres Sergai, AKP Martualesi Sitepu dalam keterangannya, Kamis (7/3/2019) mengatakan, pengungkapan tersebut berawal dari informasi warga, bahwa ada seseorang yang menanam tanaman ganja di ladangnya. 
 
“Selama 3 minggu personel Sat narkoba melakukan penyelidikan dan diketahui pemilik ladang dan yang menanam ganja adalah tersangka, sehingga pada hari Rabu (6/3/2019) dilakukan penangkapan di rumahnya,” kata Martualesi. 
 
Setelah berkoordinasi dengan kepala dusun setempat, polisi kemudian melakukan penggeledahan di kebun cabai yang ditanami ganja tersebut, berjarak sekitar 100 meter dari rumah Hendra. 
 
“Dari hasil penyisiran di kebun, ditemukan 1 batang pohon ganja yang ditanam di antara tanaman ubi dan cabai. Berdasarkan hasil interogasi, tersangka mengaku bahwa pohon ganja sudah sekitar 2 bulan ditanam dan belum pernah dipanen,” beber mantan Kapolsek Kutalimbaru itu. 
 
Pernah Lari Setelah Digari Hendra juga mengaku mendapatkan bibit ganja dari kebiasaannya mengisap ganja. 
 
“Ketika mendapatkan ganja, oleh tersangka bijinya disisihkan untuk dijadikan sebagai bibit. Dari 10 biji yang disemai, yang tumbuh hanya 1 batang,” sambung Martualesi. 
 
Berdasarkan interogasi lebih lanjut, Hendra juga mengaku sudah pernah ditangkap sekitar 2 tahun lalu, saat berpesta ganja di gubuk di ladangnya. 
 
“Saat itu tersangka sudah digari dan berhasil kabur dengan tangan tergari. Tersangka dijerat dengan pasal 114 Sub 111 UU RI NO.35 Th 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun,” pungkas Martualesi. (Red)
 
 
© 2019 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved