Tanggapi Keluhan Warga Huta Bayu Raja. Wakil Bupati Simalungun Tinjau Kelokasi Jalan Rusak.

By November 13, 2019 317
Simalungun (Polmas Poldasu) - Hutabayu Raja- Wakil Bupati Simalungun Ir. Amran Sinaga Msi beserta rombongan turun langsung kelokasi jalan yang rusak untuk bertemu dengan warga Huta Bayu Raja bersama membahas polemik jalan yang saat ini rusak parah.(12/11/19).
 
Dalam pemberitaan sebelumnya warga Huta Bayu dari 4 Nagori mengadakan aksi demo. mereka mengeluhkan kepada instansi Pemerintahan Kabupaten Simalungun jalan yang berada didaerah mereka sangat hancur sehingga hampir tidak dapat dilalui dan sangat mengancam keselamatan pengguna jalan. 
 
Menanggapi pemberitaan dan keluhan warga tersebut Wakil Bupati Simalungun Ir. Amran Sinaga Msi beserta rombongan dan juga enam orang anggota Dewan Kabupaten Simalungun turun langsung meninjau  lokasi jalan yang rusak tersebut.
 
Tak hanya itu Forkopimca Huta Bayu Raja. pihak management PTPN IV yang menjabat Manager di Unit Kebun Mayang dan utusan dari Kantor Direksi juga ikut hadir dalam pertemuan itu.
 
"Saya sangat berterima kasih Kepada Pemkab Simalungun dalam hal ini Bapak Wakil Bupati Simalungun Ir. Amran Sinaga. Msi.dan rombongan yang sudah tanggap dengan keluhan warganya dan meminta  agar perbaikan jalan  yang sudah rusak parah tersebut segera di realisasikan. ucap Bangun Sihombing Camat Huta Bayu Raja.
 
Lebih lanjut  Wakil Bupati Simalungun menyampaikan kepada warga bahwa ianya siap membantu untuk mengusulkan perbaikan jalan yang rusak tersebut. Dan berhubung sudah dekat tahun baru untuk sementara kita tutupi dulu lobang lobang yang menganga. Karena anggaran sudah tidak ada lagi untuk tahun ini.
 
Agar nantinya di tahun 2020 bisa dianggarkan oleh bapak  Dewan kita yang hadir ini. Dan untuk saat ini juga kita sudah minta bantu kepada pihak  PTPN 4 berupa alat berat untuk menggali paretan sepanjang jalan yang rusak ucapnya.
 
Menanggapi hal ini Manager PTPN 4 unit mayang  bermarga Damanik juga membenarkan bahwa pihak perkebunan PTPN IV unit Kebun Mayang ikut membantu. " Benar  pak kita dari PTPN 4 ikut berpartisipasi dan kami sangat peduli dengan keresahan warga berhubung kami juga sering melintas dari jalan yang rusak ini. 
 
Dan selanjutnya sudah kami turunkan 2 (dua) unit alat berat jenis exskapator untuk membuat paritan agar pada saat musim hujan air tidak tergenang ditengah jalan yang rusak itu. jelasnya kepada awak media.
 
Disisi lain  Mhd. Aliaman H. Sinaga selaku salah satu Pengurus DPD LSM  Lira Kabupaten Simalungun angkat bicara " Saya sangat mengapresiasi atas kedatangan Bapak Wakil Bupati Ir. Amran Sinaga Msi. yang  cepat tanggap akan keluhan warganya. semoga kedatangan beliau bukan sekedar untuk kepentingan politis menjelang Pemilihan Bupati ini.  namun benar-benar untuk kepentingan dan kemaslahatan warganya yang sangat membutuhkan perbaikan jalan yang sudah sangat-sangat hancur tersebut.ucapnya
 
lebih lanjut ia menyampaikan " Jika jalan berlubang atau rusak, idealnya segera harus dilakukan perbaikan oleh Pemerintah setempat. Sayangnya di Negara Kita ini untuk persoalan kewenangan memperbaiki jalan saja berjenjang-janjang. Untuk satu wilayah atau kota, tanggung jawab perawatan serta perbaikan jalan berbeda-beda. Ada yang harus dilakukan oleh Pemda setempat namun ada juga yang harus Pemerintah Pusat. Sangat membingungkan publik.

Untuk itu Mengacu pada Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum (PU) No. 631 / KPTS / M / 2009 tentang Penetapan Ruas-ruas Jalan Menurut Statusnya Sebagai Jalan Nasional Bukan Jalan Tol, jelas bahwa sebagian jalan di berbagai wilayah kota atau Kabupaten masih berstatus jalan Nasional. Tentunya semua biaya perawatan dan perbaikannya berada di Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PU. 

Lebih lanjut Mhd. Aliaman H.Sinaga menambahkan bahwa sesuai dengan UU dan Keputusan Menteri tersebut diatas diharapkan peran serta semua pihak instansi yang terkait dan lapisan masyarakat Huta Bayu Raja untuk bersama-sama memelihara dan menjaga agar jalan tetap bagus  setelah diperbaiki nantinya sehingga dapat terus dipergunakan untuk kepentingan bersama. tutupnya kepada awak media.
 
(T. Soalon Sianturi)
Last modified on Wednesday, 13 November 2019 13:47
© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo