Bawaslu Kabupaten Batu Bara Terkesan Menyelimuti Kasus Sejumlah Kepala Desa Kecamatan Medang Deras.

By March 25, 2019 48
Limapuluh (Polmas) - Terkait adanya sebentuk surat penetapan sikap  sejumlah oknum Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara,yang membuat pernyataan dukungan
tertulis untuk Capres dan Cawapres 01, Namun BPN Kabupaten Batu Bara telah melaporan Persoalan tersebut pada Bawaslu Kabupaten. Batu Bara yang diterima  langsung oleh Ketua Bawaslu Batubara Ade Sutoyo, Senin (25/02/2019).

Kedatangan BPN Prabowo Sandi Batu Bara ke Bawaslu Kabupaten Batu Bara yang didampingi oleh Kuasa Hukum Lembaga Advokasi (LA) DPD Partai Gerindra Sumut, ,Suria Darma SE, SH.Syofyan Hidayat SH. serta Roby Syahputra SH, Kami menginginkan agar laporan yang disampaikan BPN Kabupatten Batu Bara pada Bawaslu,Segera ditindaklanjuti juga diproses, Bawaslu Kabupaten Batu Bara harus  berlaku Adil dan Jndependen, serta tidak memihak kepada salah satu Paslon, kasus ini akan kami pantau terus,jelas Suria Darma selaku Kuasa Hukum BPN Prabowo Sandi Kabupaten Batubara.

Saat itu Ade Sutoyo selaku Ketua Bawaslu Batubara mengatakan, Laporan akan tindaklanjuti dalam waktu 14 hari kerja,sayangnya sampai saat ini belum ada keputusan Resmi dari Bawaslu Kabupaten Batubara mengenai Kasus tersebut.

Sebelumnya diberitakan bahwa  dengan kop surat Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) tersebut, ada 15 nama menyatakan diri bersedia untuk menyukseskan sekaligus memenangkan Pasangan 01 pada Pemilu 2019. Dengan adanya pernyataan tersebut, tidak menutup kemungkinan Kepala Desa akan melakukan Intimidasi kepada masing masing Kepala Dusun yang akan berhimbas ke warga Desa. 

Pernyataan anggota Bawaslu Sumut, Suhedi Sukendar Situmorang menjelaskan, penelusuran surat itu sangat penting mengingat Aparat Perangkat Desa Harus Netral pada Pemilu, Hal tersebut sesuai dengan UU 7/2018 tentang Pemilu maupun Peraturan Bawaslu,Karena mereka bagian dari perangkat pemerintahan," Ujarnya.

Dengan tidak adanya kejelasan dari Bawaslu Kabupaten Batubara maupun Provinsi Sumatera Utara, Sekarang ini Menui tanda-tanya berbagi kalangan masyarakat,yang menilai Bawaslu  Kabupaten Batu Bara telah menyelimuti kasus surat dukungan para oknum  Kepala Desa Kepada Capres dan Cawapres 01,hal itu terlihat sejak BPN Melaporkan Kasus tersebut pada tanggal 25/02/2019 sampai saat ini,belum ada putusan Bawaslu,mengingat waktu berjalan sudah lebih dari 20 hari,Padahal Bawaslu diberi waktu sesuai UU hanya 14 hari,Saya meyakini  kasus tersebut sudah diselimuti oleh Bawaslu,jelas LD Panjaitan warga Kabupaten Batubara.

Ade Sutoyo Ketua Bawaslu Kabupaten Batu Bara ketika dikonfirmasi lewat telpon seluler meminta agar Reporter datang kekantornya saja, Datang lah bang kalau mau keterangan. ( Sambutnya ) Sayangnya saat Reporter mendatangi kantor Bawaslu Kabupaten Batu Bara Ade Sutoyo Sedang tidak berada ditempat, Dicoba menghubungi lewat seluler tidak disambut ,Begitu juga dengan sms yang ditujukan padanya juga tidak mendapat Balasan. 
 
Untuk Pil Pres 17 April 2019 mendatang sepenuhnya  kembali kepada masyarakat untuk menentukan Pilihan nya Sesuai Dengan Hak dan pentunjuk Hati Nurani masyarakat, dan tidak di benarkan Pihak Kepala Desa/ Kepala Dusun meng intimidasi hak Masyarakatnya. Menangnya Pasangan Calon tidak tergantung Kepada Kepala Desa. selama Pihak Aparatur  tidak Mengangkangi hak masyarakatnya. 
© 2019 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved