Pengemudi Motor Dilarang Merokok

By March 25, 2019 30
Medan (POLMAS) - Rencana pelarangan merokok saat mengendarai sepeda motor sesuai peraturan Kementerian Perhubungan No. PM 12 tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat masih ditunggu oleh Dinas Perhubungan Kota Medan.
 
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Medan Renward Parapat mengaku baru mendengar peraturan tersebut dari sejumlah berita di media. Namun, untuk detil seperti apa, ia mengaku belum mengetahuinya.
 
"Itu kan peraturan yang baru kan?. Makanya saya juga sedang menunggu rinciannya seperti apa," katanya. Disinggung siapakah yang punya hak melakukan penindakan terhadap pelanggaran pengendara yang merokok di jalanan, Renward pun mengaku belum mendapat arahan.
 
"Makanya itu kan masih peraturan baru. Kita pun belum menyosialisasikannya. Karena kita masih akan memahami betul betul dulu seperti apa penindakannya, apakah dari Polantas atau Dishub juga," tukasnya.
 
Memang, peraturan yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan tersebut baru diundangkan pada 11 Maret 2019. Namun, belum diketahui secara jelas untuk siapa peraturan tersebut diterapkan lantaran, penekanan hanya diberikan kepada pengguna motor untuk kepentingan masyarakat berbasis aplikasi (ojek online), bukan pengendara umum. Selain itu, belum dijelaskan lebih lanjut tindakan terhadap para pelanggarnya seperti apa.(Red)
 
 
© 2019 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved