Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia Masuk 6 Besar PKK KKBPK KES Nasional 2019

By April 12, 2019 11
Medan (POLMAS) - Tinggal selangkah lagi Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia akan meraih prestasi membanggakan di perlombaan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana & Pembangunan Keluarga dan Kesehatan (PKK KKBPK KES) Tingkat Nasional 2019. Sebab, Kelurahan Sari Rejo saat ini telah berhasil masuk enam besar. Oleh karenanya, Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH berharap doa dan dukungan seluruh masyarakat agar Kelurahan Sari Rejo dapat keluar sebagai pemenang.
 
Harapan ini disampaikan Walikota ketika menerima kedatangan Tim Penilai Lomba Pelaksana Terbaik Tingkat Nasional Kesatuan Gerak PKK KKBPK KES yang melakukan verifikasi langsung ke Kelurahan Sari Rejo di halaman depan Masjid Silaturahim Jalan Cinta Karya, Selasa (9/4). Sebelum masuk babak enam besar, Kelurahan Sari Rejo telah bersaing dengan  29 kelurahan dari kabupaten/kota se-Indonesia.
 
Didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani SH, Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, Wakil Ketua TP PKK Kota Medan  Hj Nurul Khairani Lubis, Sekda Kota Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, Walikota sangat mengapresiasi atas kedatangan Tim Penilai Lomba Pelaksana Terbaik Tingkat Nasional Kesatuan Gerak PKK KKBPK KES yang dipimpin Ny Sri Rahayu selaku Kepala Biro Keuangan BKKBN Pusat.
 
Walikota berharap agar Kelurahan Sari Rejo dapat memberikan yang terbaik terkait verifikasi yang dilakukan Tim Penilai tersebut, sehingga dapat mengharumkan nama PKK Kota Medan dan Pemko Medan di Tingkat Nasional. Sebab, Kelurahan Sari Rejo saat ini sudah memasuki 6 besar dan bersaing dengan 5 kelurahan dari kabupaten/kota yang juga berhasil memasuki enam besar.
 
“Syukur alhamdulillah, saat ini Kelurahan Sari Rejo terpilih menjadi salah satu nominasi enam besar penilaian PKK KKBPK KES mewakili Sumatera Utara di Tingkat Nasional. Untuk itu saya mengapresiasi kinerja Lurah, Ketua TP PKK Kelurahan serta kader-kader PKK Kelurahan Sari Rejo yang sudah memberikan hasil terbaik  pada penilaian sebelumnya,” kata Walikota.
 
Di hadapan Ny Sri Rahayu didampingi Ketua Pokja IV TP PKK Pusat Ny Rahmawati. Direktorat Bina Lini Lapangan BKKBN Pusat Drs Ade Anwar serta Ketua Pokja IV TP PKK Provsu Ny Teja Syarifuddin, Walikota memaparkan, Kota Medan  telah terbentuk 24 Kampung KB yang tersebar di 21 kecamatan. Pertama kali bilang Walikota, pencanangan Kampung KB dilaksanakan di kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan pada 10 Mei 2016.
 
Selanjutnya, Walikota mengajak segenap tim  dari jajaran PKK, KB KES serta organisasi pimpinan daerah (OPD) terkait untuk lebih meningkatkan motivasi dalam berbagai kegiatan PKK. Ditegaskannya, tanpa adanya penilaian maupun tidak,  seluruhnya harus senantiasa semangat dalam bekerja.
 
“Apabila dalam penilaian dan verifikasi yang dilakukan ini, kita dinyatakan layak mendapatkan penghargaan oleh Tim Penilai, maka kita layak mensyukurinya. Sebaliknya jika belum berkesempatan mendapatkan penghargaan, berarti kita harus membenahi segala kekurangan dan tetap melanjutkan berbagai hal  positif yang telah dilakukan,” ungkapnya.
 
Di samping itu tambah Walikota lagi, seluruh keluarga diharapkan mampu melaksanakan peran dan fungsinya secara maksimal. Kemudian menciptakan lingkungan bersih dan sehat dengan membudayakan gerakan gotong royong di tengah-tengah masyarakat.
 
Di penghujung arahannya, Walikota mengajak seluruh warga Kota Medan untuk mendoakan agar Kelurahan Sari Rejo dapat keluar sebagai pemenang perlombaan PKK KKBPK KES Tingkat Nasional 2019. “Dengan doa dan dukungan seluruh masyarakat serta usaha maupun kerja keras yang telah dilakukan selama ini, insya Allah Kelurahan Sari Rejo dapat mengharumkan nama Kota Medan,” harapnya.
 
Sebelumnya, Ketua Tim Penilai Lomba Pelaksana Terbaik Tingkat Nasional Kesatuan Gerak PKK KKBPK KES Sri Rahayu mengatakan, Kelurahan Sari Rejo  yang masuk nominasi enam besar perlombaan PKK KKBPK KES Tingkat nasional 2019 berdasarkan verifikasi yang dilakukan sudah sangat baik.
 
Indikasi ini, jelas Sri Rahayu, sejak awal masuk Kota Medan, Tim Penilai melihat ibukota provinsi Sumatera Utara terlihat bersih dan tertata sehingga image Kota Medan yang dikatakan tidak tertata kini terpatahkan dengan sendirinya.
 
“Sepanjang jalan yang saya lalui bersama tim, terlihat sangat bersih dan tertata dengan rapi. Begitu juga ketika memasuki Kelurahan Sari Rejo yang telah menjadi Kampung KB Percontohan dan masuk nominasi enam besar juga terlihat sangat baik.  Apalagi esensi dari perlombaan ini adalah  keikutsertaan dan pemberdayaan masyarakat. Yang lebih penting lagi komitmen dari pemerintah kota dan Bapak Walikota, Ibu Walikota serta dukungan Pemerintah Provinsi itu sudah sangat tinggi,” jelas Sri Rahayu.
 
Apalagi kepedulian Walikota, jelas Sri Rahayu, membuat kader-kader PKK semakin bersemangat dalam upaya pemberdayaan masyarakat. Dengan demikian akan membuat lingkungan dan keluarga semakin sehat serta sejahtera. “Untuk itu kita sangat mengapresiasi kepada Pemko Medan beserta Walikota Medan, termasuk TP PKK Kota Medan dan Provinsi Sumut maupun seluruh kader PKK di Kota Medan, khususnya Kelurahan Sari Rejo,” ujarnya.
 
Disinggung soal peluang Kelurahan Sari Rejo sebagai pemenang perlombaan tersebut, Sri Rahayu mengaku, tidak tertutup kemungkinan asal bis alebih baik dari lima kelurahan lainnya yang juga masuk nominasi enam besar. Ditegaskannya, Tim Penilai akan melakukan verifikasi dan penilaian secara fair dan jelas.
 
“Kehadiran kami untuk melakukan verifikasi berkas yang telah diterima terkait kampung KB Kelurahan Sari rejo. Alhamdulillah, apa yang disampaikan, hari ini dapat kami lihat langsung dan hasilnya sangat memuaskan. Oleh sebabnya, verifikasi ini penting dilakukan untuk membuktikan kebenarannya. Mudah-mudahan Kelurahan Sari Rejo berkesempatan menjadi pemenangnya, berdoa saja.” ungkapnya.
 
Sedangkan Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani SH berharap, kunjungan langsung Tim Penilait akan semakin mendorong masyarakat untuk ikut mensukseskan program KB terlebih dengan dukungan dari PKK Provinsi Sumut.
 
“Semoga masyarakat Kota Medan menjadi sehat dan sejahtera. Selain itu, kami ucapkan selamat untuk Kelurahan sari Rejo. Kita berharap semoga Kelurahan Sari Rejo bisa menjadi pemenang dan mengharumkan nama Kota Medansekaligus mewujudkan  Sumut Bermartabat,” ujar Hj Rita.
 
Selain melakukan verifikasi, Tim Penilai juga melakukan tanya jawab dengan kader PKK. Setelah itu dilanjutkan  dengan peninjauan mobil pelayanan KB keliling. Diteruskan dengan melihat langsung salah satu rumah yang menjadi percontohan Kampung KB serta rumah data. Dari hasil peninajau  dan verifikasi yang dilakukan, Tim Penilai tampak sangat puas. (H/KU)
 
 
© 2019 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved