Diduga Menghamburkan Uang Negara, UPT Dinas Sosial Sumut di Panyabungan Madina Tidak Berfungsi

By March 13, 2020 127

Medan (POLMAS) - UPT adalah merupakan unit organisasi dilingkungan dinas yang melaksanakan sebahagian tugas teknis penunjan dan atau tugas operasional. UPT Dinas adalah melaksanakan tugas pelayanan kepada perangkat daerah dan masyarakat dengan membawahi beberapa kab/kota. Hal itu sesuai isi Pergub Sumut No.28 Tahun 2013.

Selanjutnya UPT Dinas Sosial  bertugas sifatnya  menyelenggarakan pelayanan sosial ,membantu Kepala dinas dalam penyelenggaraan operasional dan administrasi dalam menyelenggarakan ketatausahaan dan pelayanan sosial penyandang masalah kesejahteraanet sosial Sumut.

Dan berfungsi menyelenggarakan, pemberian pelayanan  pengetahuan berhubungan dengan mental,fisik,sosial dan ketrampilan sesuai peraturan perundang undangan.

Selain itu UPT Dinsos juga berfungsi menurut Pergub No 28 tahun 2013 itu menyelenggarakan fasilitas pelayanan sosial atau pelayanan rehabilitasi.

Namun Keberadaan UPT Pelayanan Sosial Anak Panyabungan Dinas Sosial Sosial Sumut jadi pertanyaan,soalnya lebih 3 tahun keberadaannya setelah dibentuk Unit Pelayanan Terpadu UPT Pelayanan sosial Anak pada Dinas Sosial Sumut di Panyabungan nyaris tidak berpungsi dan tidak  punya kegiatan.

Kunjungan tim tab Polmas Poldasu baru baru ini kekantor UPT Dinsos Sumut Panyabungan, seakan akan tidak ada kegiatan selayaknya kantor pelayanan sebagaimana lajimnya kantor lain di NKRI ini," sebut Gani Nasution.

Seorang penjaga kantor UPT Dinsos Sumut ketika ditanya keberadaan dan kegiatan kantornya mengaku belum  ada nampak kegiatannya pak, seharusnya namanya UPT Pelayanan Sosial anak, maunya ada anak asuhnya. Ini tidak ada Pak," kata sang penjaga kantor.

"Saya selama ini cuma bertugas buka tutup kantor dan membersihkannya,pak. kalau masalah kegiatannya belum tahu Pak," tambahnya.

Dan ketika ditanya masalah kehadiran pegawainya, sang penjagapun mengatakan tidak setiap hari masuk kantor.

Menurut amatan kru tabloid Polmas Poldasu, Kantor UPT Pelayanan Sosial Anak Panyabungan, pengelolaanya diduga kurang serius dan profesional karena peralatan dikantor itu cuma ada didapati hanya dua meja dan kursi, selain itu dihalaman kantor ada terpampang rumah ini mau di jual dengan nomor HP yang terpampang di baliho halaman UPT Palayanan Sosial Anak Dinsos Sumut di Penyabungan Mendailing Natal.

Melihat kejadian ini sejumlah elemen masyarakat angkat bicara diantaranya Gani Nastion Ketua DPC LSM Simparas,"merasa turut ikut merasa prihatin kinerja Dinas sosial Sumut dibawah Pimpinan Rajali.S.sos.

"Bisa kita bayangkan,hampir 4 tahun UPT Pelayanan Sosial Anak penyabungan dibentuk,namun menurut informasi yang kami dapat belum ada punya kegiatan dan anak asuhnya pun tidak ada."lalu jadi pertanyaan kita apakah tujuan dan fungsinya UPT Pelayanan Anak Sosial Penyabungan ini dibentuk," sebut Gani Nst, sambil bertanya, "Jangan-jangan UPT PSA Panyabungan ini untuk tempat pembuangan staf aja,atau tempat untuk berkolusi,karena kita lihat kantor ada dan buka setiap walaupun cuma hanya penjaga kantor saja yang mengisi tiap hari,tentunyakan ada biaya opersionalnya dari uang negara atau APBD Sumut," ungkap Gani.

"Sehingga kami menilai UPT PSA Penyabungan adalah ajang pemborosan dan penghamburan uang negara yang dilakukan oleh Pejabat teras Dinsos Sumut,buktinya hampir 4 tahun UPT PSA Penyabungan dibentuk tapi tidak punya kegiatan. Padahal kalau pihak Dinsos Sumut serius di Penyabunganpun  masih banyak masalah sosial yang mau ditanggulangi," sebut Gani Nasution.

"Untuk itu kami dari LSM SIMPARAS(Suara Inpormasi Masyarakat) dan elemen masyarakat serta putra Madina Penyabungan meminta Gubernur Sumut Edy Rahmayadi,agar mengepaluasi jabatan Kadis Sosial Sumut, bila perlu diganti kepada orang yang  lebih berkompeten, karena kalau seandainya Rajali S sos, serius bekerja memimpin Dinsos Sumut selama ini, sudah pasti UPT Pelayanan Sosial Anak Penyabungan sudah punya kegiatan yaitu dengan adanya anak asuh," sebut Gani dengan tegas.(KP)

© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo