Bupati Buka Pelaksanaan MTQ Ke XI Tingkat Kabupaten Paluta

By March 15, 2020 22

Paluta (POLMAS) - Sebagai salah satu sarana dan langkah untuk memperkokoh syiar agama Islam di tengah masyarakat, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- XI tingkat Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) digelar di Kecamatan dan tidak dilakukan di pusat kota.

MTQ ke XI tingkat Kabupaten Paluta tahun ini digelar di Kecamatan Simangambat yang dipusatkan di lapangan kantor Camat Simangambat dan dibuka secara resmi oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi, Kamis (12/3).

Pembukaan MTQ ke XI tahun 2020, mengangkat tema ‘Sebagai momentum karakter dalam mengisi pembangunan bangsa yang beragama dan menciptakan generasi Qur'ani’.

Dan dihadiri oleh Dandim 0212 TS Letkol (Inf) Akbar Nofrizal Yusananto SIP, Kapolres Tapsel yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Jumanto, Kajari Paluta Andri Kurniawan SH MH, Sekdakab Paluta H Burhan Harahap, anggota DPRD Paluta, ketua MUI Paluta, pimpinan OPD, Forkompida,camat se kabupaten Paluta, kafilah dari 12 kecamatan beserta ribuan masyarakat yang ingin menyaksikan acara pembukaan.

Kegiatan pembukaan MTQ diawali dengan pawai ta’aruf dan penampilan tari konfigurasi dari sejumlah siswa SMP dan SD di kecamatan Simangambat serta pengibaran bendera MTQ yang dirangkai dengan pelantikan dewan hakim yang bertugas oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan MTQ ini merupakan langkah dalam menggelorakan syiar Islam di seluruh wilayah kabupaten Paluta.

Selain itu, kegiatan MTQ ini juga sebagai ajang untuk mencari bibit Qori dan Qori’ah yang nantinya diharapkan dapat mengharumkan nama kabupaten Paluta hingga ke kancah internasional.

“Selain sebagai sarana menjaring Qori dan Qori’ah, MTQ ini juga upaya menggelorakan syiar Islam hingga pelosok desa," kata Bupati.

Dikatakannya, gelaran MTQ tidak dilakukan di pusat kota dan dilaksanakan di pedesaan dengan alasan agar semarak keagamaan terasa hingga ke desa-desa.

"Ada fungsi sosial yang dipetik dari pagelaran MTQ di tingkat Kecamatan, mulai dari menginapnya para kafilah dirumah-rumah warga serta dampak peningkatanekonomi bagi warga sekitar," jelas Bupati.

Untuk itu, ia berharap pelaksanaan MTQ ke XI tingkat kabupaten Paluta dapat terlaksana dengan lancar dan sesuai yang diharapkan sesuai visi misi kabupaten Paluta yakni mewujudkan kabupaten Paluta yang Beriman, Cerdas, Maju dan Beradat.

Sebelumnya, Ketua umum LPTQ kabupaten Paluta H Burhan Harahap SH dalam laporannya menyampaikan, MTQ tingkat ke 11 diikuti 439 peserta, dengan rincian 217 putra dan 222 putri ditambah sejumlah official pendamping yang tergabung dalam 12 kafilah.

Katanya, ada berbagai cabang lomba yang akan dipertandingkan antara lain Tilawah Tartil, Tilawah anak-anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, Qira’at Al-Qur’an Murattal Remaja dan dewasa, Qira’at Mujawad dewasa, Tahfizh Qur’an 1 juz dan tilawah, Tahfizh Qur’an 5 juz dan tilawah, Tahfizh Qur’an 10 juz dan tilawah, Tahfizh Qur’an 20 juz dan tilawah, Tahfizh Qur’an 30 juz dan tilawah, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khattil Qur’an Naskah, Khattil Qur’an Hiasan Mushaf, Khattil Qur’an Dekorasi, Tafsir Qur’an Bahasa Arab, Tafsir Qur’an Bahasa Indonesia, Tafsir Qur’an Bahasa Inggris dan menulis makalah Al-Qur’an.

Senada, Camat Simangambat Umar Bhakti Harahap mengatakan, sebagai tuan rumah, tentu pihaknya merasa berbangga bersama masyarakat atas digelarnya MTQ ke XI tingkat kabupaten Paluta di kecamatan Simangambat.

Katanya, pihaknya akan berusaha sedaya mampu untuk menjaga dan mengupayakan pelaksanaan MTQ ke XI tingkat kabupaten Paluta ini berjalan dengan baik hingga selesai nanti.

“Suatu kebanggaan buat kecamatan Simangambat sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ ini. Dan kami akan sekuat tenaga melayani semua kafilah serta mengupayakan pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik," ucapnya.

Terpisah, Sekretaris Panitia penyelenggara yang juga Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Jhonson Muda Siregar SSos MM menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ ke XI tingkat kabupaten Paluta ini dijadwalkan digelar selama 3 hari yakni 12-14 Maret 2020.

Pada kesempatan ini, ia mengucapkan terimakasih atas dukungan dan peran serta kolaborasi dan silaturahmi dari semua pihak, baik dari pihak perusahaan swasta dan masyarakat atau pihak lainnya yang telah banyk memberi dukungan baik secara pemikiran, materi atau pun tenaga dalam persiapan penyelenggaraan MTQ kali ini.

“Terima kasih atas dukungan dari semua pihak, semoga kegiatan MTQ ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Pantauan, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi didampingi undangan yang hadir melakukan pemukulan beduk sebanyak 11 kali sebagai tanda pembukaan secara resmi MTQ ke XI tingkat kabupaten Paluta. (AP)

 
 
Last modified on Sunday, 15 March 2020 20:37
© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo