Mobil Truk Colt Diesel Pengangkut 199 Batang Kayu Olahan Tampa Dokumen Digelandang Ke Mapolres Humbahas.

By May 13, 2020 173

Doloksanggul, (Polmas Poldasu) 12  Mei  2020 - Disaat Suasana Pandemi Virus Corona (covid-19) Ada - Ada Saja Ulah Orang Melakukan Pekerjaan Yang Melanggar Hukum Sehingga Harus Berhadapan dan Berurusan Dengan Pihak Yang Berwajib.

Dugaan Tindak Pidana Tersebut Dilakukan Oleh Dua Orang Terduga Dengan Cara Mengangkut Hasil Hutan Serta Menguasai Tanpa Memiliki Dokumen Dan Mengantongi izin.

Kejadian Tindak Pidana Pengrusakan Hutan dan pengolahan Kayu Jenis Meranti Tersebut Didesa Sampean Kecamatan Doloksanggul Yang Diduga Dilakukan M.M 33 thn dan N.T 26 thn, ke Duanya Mengaku Warga Dari Desa Matiti II Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbahas.

Kini Kedua Terduga Dijerat Dengan Hukum Tindak Pidana Sebagaimana dimaksud Dalam Pasal 50 ayat 3 huruf h dari Undang-undang RI Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan Yo Pasal 12 huruf d dan e Pasal 82 ayat 1 huruf b Undang-undang RI Nomor 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan pengrusakan Hutan.

Adapun Informasi Tersebut Diketahui Oleh Aiptu AJ. Lubis dan Brigader Juandi P Sinaga ( propam polres humbahas ) Atas Laporan Pengaduan Dari Masyarakat Menyatakan Bahwa di Desa Simataniari kecamatan Parlilitan, Ada 1 ( Satu ) Unit Mobil Truk Colt Diesel Warna Kuning Sedang Melintas Ke Arah Doloksanggul Membawa Beberapa Kayu Olahan Jenis Meranti.

Mengetahui Hal Tersebut Aiptu AJ. Lubis dan Brigader Juandi P Sinaga Langsung Bergerak Menuju Lokasi Kejadian
Suasana dalam Perjalanan Tepatnya Didesa Sampean Kecamatan Doloksanggul Aiptu AJ. Lubis dan Brigader Juandi P Sinaga Menemukan Mobil Truk Colt Diesel Warna kuning Dengan No. Pol BB. 8189 MB.Sedang Bermuatan Kayu Olahan Jenis Meranti.

Ketika Sampai Dilokasi Aiptu AJ. Lubis dan Brigader Juandi P Sinaga, Langsung Menanyakan Kepada Orang Yang Membawa Mobil Truk Colt Diesel Yang Ber'inisial N.T dan M.M Terkait Dengan Dokumen Pengangkutan Kayu Olahan Tersebut.

Namun Kedua Terduga Tidak Dapat Menunjukkan Dokumen Pengangkutan Sehingga Atas Kejadian Tersebut, Terhadap Kedua Orang Terduga Beserta Barang Bukti Kayu Olahan Jenis Meranti Sebanyak 199 (seratus sembilan pulu sembilan) Batang Serta 1 Unit Mobil Truk Colt Diesel Merk Mitsubishi No. Pol BB 8188 MB Digelandang, Aiptu AJ. Lubis dan Brigader Juandi P Sinaga Kemapolres Humbahas Pukul 05:00 wib, Selasa Tanggal 12 - Mei - 2020.

Langkah - Langkah Yang Telah Dilakukan Adalah melakukan Pemeriksaan Terhadap Terduga N. Togatorop dan M. Munthe, Serta Melakukan Identifikasi Pengenalan Jenis Kayu Yang Diangkut Serta Menentukan Status Lahan Untuk Keperluan Pelaksanakan Gelar Perkara dan Status Perkara.

( Lamhot Silaban )

© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo