Pemkab Humbahas Raih WTP 4 Tahun Berturut-turut

By May 13, 2020 152

Doloksanggul (Polmas Poldasu) 13 Mei 2020 - Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE bersama Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol, SH menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Humbahas TA. 2019 dari Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) melalui video conference (vidcon) aplikasi zoom, Selasa (12/5).

Dari ruang kerjanya melalui vidcon, Dosmar Banjarnahor menyampaikan apresiasi kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Sumut yang telah menyelesaikan waktu pemeriksaan LHP Pemkab Humbahas dengan tepat waktu, dengan bentuk pemeriksaan berbeda karena situasi dan kondisi wabah Covid-19.

LHP ini merupakan media atau bahan bagi Pemkab dalam melakukan evaluasi atas pelaksanaan kegiatan mulai dari perencanaan, pengelolaan dan pertanggungjawaban serta atas seluruh aset kewajiban dan ekuitas Pemkab Humbahas sekaligus memberikan informasi keuangan yang terbuka dan jujur kepada masyarakat.

Lebih lanjut, Bupati Humbahas juga mengucapkan terimakasih kepada BPK RI atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Kabupaten Humbahas TA. 2019 dengan hasil opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hasil pemeriksaan ini, Pemkab Humbahas ke depan akan terus konsisten melakukan perbaikan dan penataan pengelolaan keuangan yang lebih baik demi mewujudkan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Pemkab Humbahas telah 4 kali meraih opini WTP, mulai Tahun 2016, 2017, 2018 dan Tahun 2019. Prestasi yang kita raih ini atas kerjasama dan kerjakeras seluruh Organisasi Perangkat Daerah, DPRD, Stakeholder dan Masyarakat Humbang Hasundutan.

Pemkab Humbahas tidak sempurna, tapi kami terus bekerja keras dalam meningkatkan kinerja pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat”, kata Dosmar.

Dosmar juga mengatakan bahwa tahun 2020 adalah tahun keberhasilan buat Kabupaten Humbang Hasundutan karena Pemkab Humbahas meraih 2 prestasi membanggakan yakni Kinerja SAKIP dengan predikat nilai BB atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instasi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2019 yang diterima dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau dan LHP LKPD Pemkab dengan Opini WTP dari BPK RI.

“Capaian prestasi SAKIP tersebut juga diperoleh atas hasil LHP Pemkab Humbahas yang berturut-turut dengan opini WTP. Selanjutnya, Pemkab Humbahas juga melakukan pemangkasan program dari 415 program menjadi 127 program, kegiatan dari 1.603 menjadi 415 kegiatan dan penghematan anggaran sebesar 68,4 Milyar lebih. Penghematan anggaran tersebut dipergunakan untuk mendukung sektor prioritas pertanian, peternakan dan perikanan, pariwisata, kesehatan, pendidikan dan infrastruktur, tutur Bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Humbahas, Ramses Lumbangaol, SH dalam sambutannya yang disampaikan melalui vidcon, mengambil tempat di ruang kerja Bupati Humbahas, menyampaikan apresiasi atas kinerja BPK Perwakilan Provinsi Sumut terkhusus para auditor yang telah bekerja secara profesional dalam melakukan pemeriksaan LKPD Kabupaten Humbahas TA. 2019 sesuai standar pemeriksaan yang mencakup kebenaran, kecermatan dan akuntabilitas.

“Melalui hasil LHP Pemkab Humbahas yang diterima semakin dapat mesinergikan dalam penyelenggaraan roda pemerintahan”, kata Ramses.

Melalui video conferensi dari Kantor BPK Perwakilan Provsu di Medan, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumut Eydu Oktain Panjaitan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Humbahas yang telah memberikan LHP LKPD TA 2019 tepat waktu, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan intern mulai tanggal 16 Januari s.d. 15 Februari 2020 dan pemeriksaan rinci mulai 16 Maret s.d. 11 Mei 2020. Atas kurang bayar yang disampaikan dalam LHP, sesuai ketentuan untuk dibayar dalam waktu 60 hari kedepan, ujar Panjaitan dihadapan Bupati dan Ketua DPRD Humbahas.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Asset Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan, Jhon Harri Marbun menyampaikan bahwa Opini WTP yang diterima adalah hasil pemeriksaan Tim Auditor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan Kantor Akuntan Publik (independen). Jhon Harri Marbun, tampak begitu bergembira saat Kepala BPK RI Perwakilan Provsu menyampaikan bahwa Pemkab Humbahas meraih Opini WTP pada saat Vidcon berlangsung.

Acara pelaksanaan penyerahan LHP LKPD Pemkab Humbahas dari BPK RI Perwakilan Provinsi Sumut yang dilaksanakan melalui video conference sebagai pelaksanaan work from home dan social distancing dan antisipasi dampak virus covid-19 dihadiri para pejabat teras Pemkab Humbahas yakni Asisten Administrasi dan Kesra Drs. Janter Sinaga, Inspektur Kabupaten Drs. BP. Siahaan, MM, Ka. BPKPAD Drs. Jhon Harri Marbun, MMA, Kadis Kominfo Drs. Hotman Hutasoit.

(Lamhot Silaban)

© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo