Penyaluran BST di Pakpak Bharat Ditandai Secara Simbolis

By May 13, 2020 161
Pakpak Bharat (Polmas Poldasu) - Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Pemerintah Pusat kepada masyarakat di Kabupaten Pakpak Bharat berlangsung dengan tertib dan lancar dengan dibantu oleh para perangkat Desa dan pegawai Kantor Camat, serta aparat Polisi dan TNI.

Penyaluran  BST ini ditandai  dengan penyerahan secara simbolis  oleh Pj Bupati Pakpak Bharat bersama Forkopimda diantaranya ketua DPRD Pakpak Bharat, Dandim 0206 Dairi, Letkol Arh Hadi Purwanto, Kepala Kejaksaan Dairi, Kajari Dairi dan unsur lainnya, di dua kantor pos yaitu kantor pos Salak dan kantor pos Sukarame.

Pj Bupati Pakpak Bharat, Asren Nasution dalam sambutannya, mengatakan bahwa bantuan ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah terhadap masyarakatnya, walaupun itu sifatnya sementara. 

Pemerintah mengatakan Pemkab Pakpak Bharat berkomitmen agar masyarakat miskin seluruhnya bisa mendapatkan bantuan dari berbagai bentuk seperti BST, BPNT,PKH,Dana Desa dan lainnya sehingga masyarakat Pakpak Bharat tidak ada yang kelaparan.

Janganlah dilihat dari nilainya tapi lihatlah besarnya perhatian pemerintah kepada masyarakat indonesia yang hari ini memang sedang mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari-hari ujar Asren.

Bagi warga miskin yang belum tersentuh oleh bantuan apapun,Pj Bupati meminta jangan khawatir karena semua akan dilayani. Oleh karena itu, Pj Bupati Pakpak Bharat berharap kepada pemerintah desa agar menuntun warganya untuk mengikuti aturan protokoler kesehatan dan menjaga jarak agar untuk memutus mata rantai Covid-19.

Menurut Kadis Sosial Kabupaten Pakpak Bharat,Elhidayat Berutu, bagi yang belum ter-cover BST, akan di-cover dari bantuan Pemprov maupun Pemkab. Akan terus dilakukan akurasi data yang terus diperbaharui untuk dimasukkan ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dengan adanya perbaharuan data oleh Pemkab Pakpak Bharat, maka diharapkan dapat membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Adapun besaran BST yang diberikan  adalah sebesar 600.000 rupiah setiap bulannya selama tiga bulan, sehingga total bantuan yang diterima perkeluarga sebesar 1,8 juta rupiah.

Sementara itu,ketua DPRD Kabupaten Pakpak Bharat,Sonni P Berut,STh, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Sosial  telah menyerahkan bantuan kepada masyarakata Pakpak Bharat yang terdampak Covid-19. Kepada masyarakat penerima BST, Sonni Berutu meminta agar dimanfaatkan dengan untuk meringankan kebutuhan sehari-hari.

Manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya untuk semoga bantuan yang diberikan pemerintah ini melalui Kemensos RI ini dapat meringankan beban sehari-harinya" kata Sonni Berutu. MT

 
 
 
 
© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo