Gubsu Edy Rahmayadi Siap Mendukung Humbang Hasundutan Sebagai Sentra Pertanaman Bawang Putih dan Bawang Merah

By June 03, 2020 132

Doloksanggul, (Polmas Poldasu) 03 Juni 2020 - Gubsu Edy Rahmayadi, Bersamaan Dengan Ketua DPRD Sumut Drs. Baskami Ginting, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol, SH Serta masyarakat Memanen bawang putih di Desa Hutasoit II Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbahas, Rabu (03/06/2020).

Keberhasilan bertanam bawang putih di Kabupaten Humbang Hasundutan merupakan salah satu prioritas dari lima prioritas pertanaman yang direncanakan Bupati Humbang Hasundutan antara lain jagung, bawang merah, bawang putih, kentang dan padi.

Suasana masih ditempat yang sama, Gubsu dan rombongan melakukan penanaman bawang merah di lahan milik kelompok tani Peasigaol. Pada saat kunjungan Gubsu tersebut dirangkai dengan pemberian bantuan sosial berupa sembako untuk petani.

Dihadapan masyarakat, Gubsu menyatakan sangat mendukung program Bupati Humbahas dalam sektor pertanian dan peternakan, Dengan Tujuannya untuk mensejahterahkan masyarakat khususnya para petani humbang hasundutan harus makmur berhubung di dukung sumber daya alam.

Gubsu menjelaskan kebutuhan bawang putih dan bawang merah di Sumut masih kurang, dimana Produksi bawang merah Sumut setiap tahun 18.237 ton sementara kebutuhan 43.78 ton, Jadi masih terdapat kekurangan 25.689 ton. Atau baru terpenuhi 41.65 % dari produksi di Sumut. Bawang putih produksi 975 ton sedangkan kebutuhan 26.299 ton, berarti kekurangan 25.324 ton per tahunnya, atau baru terpenuhi 3,70% dari produksi di Sumut.

Gubsu punya strategi yang akan dilakukan untuk mencapai swasembada yaitu meningkatkan luas tanam bawang merah dan bawang putih. Kemudian pengembangan sentra produksi bawang dan bawang putih di beberapa kabupaten di Sumut termasuk di Humbang Hasundutan. Bahkan Gubsu siap mendukung Humbang Hasundutan sebagai sentra pertanaman bawang putih dan merah. Saat memanen, Gubsu sangat mengagumi hasil bawang putih dan merah di Humbang Hasundutan, tidak kalah dengan bawang putih import. Selain mendukung sektor pertanian, Gubsu berjanji akan membantu sektor peternakan.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE mengapresiasi perhatian dan dukungan Gubsu yang sudah banyak membantu masyarakat Humbang Hasundutan terutama di bidang pertanian dan peternakan. Namun mengingat lahan yang belum dimanfaatkan masih luas, pada kesempatan itu bupati memohon dukungan dan bantuan dari Gubsu berupa alsintan. Demikian juga dalam bidang peternakan, bupati memohon ternak kerbau dan akan mendorong masyarakat untuk mempersiapkan lahan serta menanam rumput.

Selanjutnya, Gubsu dan rombongan antara lain anggota DPRDSU yaitu Jtp Hutabarat, Viktor Silaen, Pantur Banjarnahor, Irwan Simamora, Jubel Tambunan, Tangkas Manimpan Tobing, Rahmansyah Sibarani Serta anggota DPRD Humbahas Tingkos S Martua Silaban, Roberto Simanullang, Kepler Torang Sianturi, meninjau pembibitan kentang PT. Indofood di Parsingguran Kecamatan Pollung Humbang Hasundutan.

Selanjutnya Gubsu menyerahkan APD (alat pelindung diri) di RSUD Doloksanggul sekaligus meninjau ruangan isolasi.

Sumber:
(protokol/kominfo)
Ebdy Boy Sihombing

© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo