Pemkab Humbahas, KPU, Bawaslu dan Polres Rakor Bahas Pilkada Serentak

By June 17, 2020 32

Doloksanggul, (Polmas poldasu) - Pemkab Humbahas bersama KPU Humbahas, Bawaslu Humbahas dan Polres Humbahas melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) terkait persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020, bertempat di Ruang Rapat Setdakab Humbang Hasundutan, Kompleks Perkantoran Bukit Inspirasi – Doloksanggul, Selasa (16/06).

Hadir dalam pertemuan tersebut Sekretaris Daerah Humbahas Drs.Tonny Sihombing, MIP, Ketua KPU Humbahas Binsar P Sihombing, Ketua Bawaslu Humbahas Henri Pasaribu didampingi Efrida Purba anggota Bawaslu Humbahas, Kabag Ops Polres Humbahas Tamba Hutagaol, Asisten Pemerintahan Drs.Makden Sihombing, Inspektur BP Siahaan, Kadis Kominfo Drs. Hotman Hutasoit, Kadis PMDP2A Drs. Elson Sihotang, Kadis Kesehatan drg.Hasudungan Silaban, Kadis Dukcatpil Zara Lumbantoruan, Kalak BPBD Tumbur Hutagaol, Kaban Kesbangpol Thomson Hutasoit, Direktur RSU Doloksanggul dr. Netty Simanjuntak, Kabag Tata Pemerintahan Naek Sinambela, Kabag Hukum Sahat Silaban, SH, Kabag Ekbang Jamarlin Siregar.

Dalam sambutannya, Sekda Humbahas Drs. Tonny Sihombing, MIP mengatakan Rakor yang dilaksanakan hari ini merupakan tindaklanjut terbitnya Peraturan KPU No. 5/2020 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum No.15/2020 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur/Wagub, Bupati/Wabup, Walikota/Wakil Walikota dan hasil rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pilkada serentak Tahun 2020 dengan Kementerian Dalam Negeri pada hari Sabtu (13/06) yang lalu melalui aplikasi zoom meeting.

Ia juga menambahkan, rakor yang dilaksanakan hari ini merupakan bagian sinergitas Pemerintah Kabupaten Humbahas dengan penyelenggara dan pengamanan pelaksanaaan Pilkada serentak, dimana pelaksanaan pilkada serentak yang akan kita laksanakan harus berpedoman dengan standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Terkait anggaran, Pemkab Humbahas bersama penyelenggara pilkada dan pihak pengamanan pilkada baik Polri-TNI telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada sehingga anggaran yang telah disediakan tersebut dapat dipergunakan dalam pelaksanaan pilkada serentak yang direncanakan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 yang akan datang”, ujar Tonny.

Ia juga mengatakan, sebagai wujud partisipasi Pemkab Humbahas dalam pelaksanaan pilkada serentak di Humbahas, akan segera dibentuk Desk Pilkada sebagai sarana/wadah membantu untuk menyukseskan pilkada.

Ketua KPU Humbahas, Binsar Sihombing memaparkan dan menjelaskan dihadapan peserta rakor terkait kesiapan KPU Humbahas dalam pelaksanaan Pilkada serentak di Humbahas. Ia menjelaskan bahwa anggaran yang di NPHD Pemkab Humbahas kepada KPU tidak perlu dilakukan penambahan karena telah dilakukan optimalisasi dan restrukturisasi anggaran disesuai dengan kondisi pandemi covid-19. Data pemilih maksimal dalam 1 TPS dari 800 menjadi 500 pemilih/TPS, berarti ada penambahan TPS sebanyak 10 TPS. Kondisi saat ini 375 TPS, ditambah 10 TPS menjadi 385 TPS. Pelaksanaan sosialisasi pilkada akan mempergunakan standart protokol kesehatan covid-19.

Binsar juga menjelaskan jadwal tahapan pilkada lanjutan yakni pengaktifan Badan Ad-Hoc PPK dan PPS (15 Juni 2020), pembentukan PPDP (24 Juni – 14 Juli 2020), Pemutakhiran data pemilih (15 Juli -  13 Agustus 2020), Pengadaan logistik (7 Agustus – 20 November 2020), Pencalonan (28 Agustus – 23 September 2020), Sengketa TUN Pemilihan (23 September – 9 November 2020), Masa Kampanye 71 Hari (26 September – 5 Desember 2020), Pembentukan KPPS (1 Oktober – 23 November 2020), Pemungutan Suara (9 Desember 2020), Perhitungan dan Rekapitulasi (9 Desember – 26 Desember 2020), Penetapan Calon Terpilih (paling lama 5 hari pasca Putusan MK), Sengketa di Mahkamah Konstituasi (Mengikuti Jadwal MK).

EB.Sihombing
Sumber:
Diskominfo HH

© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo