Hadiri Panen Kentang Di Lahan Kelompok Tani,Bupati Drs.Nikson Nababan Dan Kadis Pertanian S.E.Y Pasaribu Beserta Pimpinan OPD Kecamatan Muara Mengharapkan Pertahankan Kualitas Tanaman

By July 03, 2020 138
Siborong-borong (Tabloid Polmas Poldasu) 02/07/2020 - Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si bersama Anggota DPRD Taput Martohap Aritonang didampingi Kepala Dinas Pertanian S.E.Y Pasaribu dan beberapa pimpinan OPD serta Camat Muara Risma Rejeki Nababan hadiri panen kentang di lahan kelompok Tani Desa Silando Kecamatan Muara, pada Kamis (02/07/2020).
 
”Saya semangat melihat hasil produksi pertanian seperti ini, semangat melihat petani semangat, semangat ketika melihat petani tersenyum memanen hasil pertaniannya. Semangat ketika semua lahan berisi tanaman yang menghijau maupun menguning, dan semangat ketika Pemerintah dan petani bergandengan tangan memajukan pertanian Taput," ujar Bupati Taput mengawali arahannya sebelum pelaksanaan panen kentang.
 
Selanjutnya, Bupati menyampaikan bahwa disamping produksi besar, juga harus menjaga kualitas dan jaminan bagi konsumen seperti penggunaan pupuk organik sehingga hasil pertanian menjadi produk yang paling dicari dan juga menyarankan agar para petani menerapkan pola tanam serentak. 
 
"Sekarang kita coba menggunakan pupuk organik. Di samping menjaga kesuburan tanah, hasil produksinya juga terjamin lebih aman dikonsumsi. Produksi bawang merah kita memiliki cita rasa (taste) dan aroma tersendiri yang tidak dimiliki daerah lain. Mari kita ciptakan ini menjadi produk unggulan daerah kita. Saya juga sarankan agar para petani disini melakukan pola tanam serentak, waktu tanam yang serentak dan juga fokus satu jenis tanaman sehingga lebih konsentrasi mengurus satu jenis sehingga produksinya lebih maksimal. Silahkan buat kesepakatan jenis komoditi apa ditanam seperti bawang, kentang ataupun wortel, Pemerintah siap memberikan bantuan untuk memajukan pertanian dan sekaligus ketahanan pangan kita," ujar Bupati menambahkan.
 
“Petani dan Instansi terkait harus duduk bersama dalam pengembangan lokasi pertanian ini menjadi salah satu agrowisata. Kita juga perlu bangun penangkaran bibit kentang dan akan bangun infrastruktur jalan agar layak menjadi lokasi kunjungan wisata bahkan menjadi model percontohan pertanian. Saya berharap agar masyarakat semakin gigih karena pekerjaan petani adalah mulia serta mampu memberi keuntungan yang bagus, Pemerintah hanya memfasilitasi, yang menentukan keberhasilan adalah upaya dan kerja keras masyarakat itu sendiri,” ucap Bupati di akhir arahannya yang dilanjutkan dengan panen kentang.
 
Pada kesempatan sebelumnya, Martohap Aritonang yang merupakan Anggota DPRD dari Dapil III, menjelaskan bahwa dirinya bersama masyarakat Desa Silando bertekat untuk mengembangkan pertanian dengan menggunakan potensi lahan yang bagus salah satunya dengan bertanam kentang serta mengajak para petani untuk lebih semangat berjuang dari pertanian. 
 
“Saya melihat tanaman kentang sangat cocok di lokasi ini, kita juga melihat perlu pengembangan penangkaran bibit kentang agar mendapatkan panen kentang yang maksimal. Sesuai dengan salah satu visi-misi Kabupaten untuk menjadikan Tapanuli Utara sebagai lumbung pangan, untuk itu  saya mengajak para masyarakat semakin semangat dalam bertani karena sebagus apapun program yang disusun Bapak Bupati apabila tidak didukung kerja keras masyarakat maka itu akan menjadi sia-sia,” ucap Martohap Aritonang. 
 
Mewakili petani, Balduin Oppusunggu yang juga sebagai tokoh masyarakat setempat menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Taput atas perhatiannya yang luar biasa di sektor pertanian ini. "Kami telah banyak menikmati berbagai pembangunan terutama terkait pengembangan pertanian di Desa Silando ini. Bapak Bupati memberikan motivasi yang sangat besar bagi kami petani.
 
 
Lamhot Silaban
 
 
 
© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo