Desa Di Dolok Sigompulon, Paluta Akan Dialiri Listrik

By July 09, 2020 44

PALUTA (Tabloid Polmas Poldasu) - Setelah puluhan tahun tidak merasakan fasilitas penerangan listrik, akhirnya masyarakat Desa Sihalo-halo, Kecamatan Dolok Sigompulon, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bersukacita karena akan segera dapat menikmati fasilitas listrik dides mereka.

Berbagai upaya dan tindakan telah dilakukan pemerintah desa bersama masyarakat agar jaringan listrik milik PLN bisa masuk ke Desa Sihalo-halo. Dan akhirnya desa yang berumur selama 25 tahun lalu yang sudah berdiri dan dihuni masyarakat sejak tahun 1995 itu akan menikmati aliran listrik dari PLN.

Salah satu tokoh pemuda setempat Damean Rambe membenarkan bahwa di desanya sedang ada pengerjaan pemasangan tiang dan jaringan listrik.

Kepada awak media, Senin (6/7) Damean menceritakan bahwa saat ini masyarakat setempat bergotong royong untuk mengangkat dan mendirikan tiang listrik. Pengangkutan tiang listrik pun dikerjakan secara swadaya dengan menempuh jarak pengangkutan 700 hingga 900 meter dengan kondisi jalan yang terjal dan menanjak.

“Masyarakat yang melangsir tiang listriknya. Jumlahnya belasan tiang. Meski begitu masyarakat antusias dan sangat bersemangat,” katanya, Senin (6/7/2020).

Lebih jauh Damean menceritakan, selama ini masyarakat mengandalkan lampu penerangan dari mesin genset, listrik tenaga surya dan bahkan ada yang hanya memakai lampu teplok.

Begitu juga pengakuan dari Ibu Siti Amson Ritonga mengatakan, dengan masuknya jaringan listrik ke desanya ia mengaku senang luar biasa dan bahkan tidak percaya akhirnya jaringan listrik ke desanya terealisasi.

“Sangat senang, senangnya luar biasa, Aku tak bisa berkata-kata lagi, Alhamdulilah,” ucapnya.

Salah satu masyarakat yang ikut bergotong royong Arif Ritonga juga tidak menyangka desanya akan dialiri listrik.

Pada kesempatan ini ia berharap semoga pemerintah lebih memperhatikan desa tertinggal seperti membangun jalan penghubung antar desa agar jalur transportasi bisa lancar.

Terpisah Camat Dolok Sigompulon Madnalim Pakpahan mengatakan dari 44 desa, sebanyak delapan desa yang ada di wilayah Dolok Sigompulon akan segera dialiri listrik.

“Ini program listrik desa, delapan desa itu termasuk Sihalo-halo sudah masuk dalam tahap pengerjaan,” pungkasnya.

Adapun Kedelapan desa yang masuk program listrik desa di Kecamatan Sigompulon, kata Madnalim, yakni;

1. Simaninggir
2. Nahula Jae
3. Gadung Holbung
4. Pamarai
5. Batu Hibul
6. Sigordang
7. Gonting Bange
8. Sihalo-halo. Ah

© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo