Dugaan Tindak Pidana Korupsi dalam Pengelolaan Dana Simpan Pinjam Perempuan ( SPP ) Humbahas Negara Dirugikan Delapan Miliyar Lebih

By July 30, 2020 107
Doloksanggul, Maspolin.id 30 Juli 2020 (Tabloid Polmas Poldasu) - Sat Reskrim Polres Humbahas Melakukan Penanganan Tindak Pidana Korupsi Dana Pengelolaan Simpan Pijam Perempuan ( SPP ) Kabupaten Humbang Hasundutan.
 
Perihal Tersebut Tim Unit III Tipidkor Sat Reskrim Polres Humbahas telah melakukan klarifikasi terhadap Ketua BKAD dan Pengurus UPK pada 10 (Sepuluh) Kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan.
 
Dari Hasil klarifikasi yang dilakukan ditemukan bahwa masih banyak kelompok Simpan Pinjam Perempuan ( SPP ) di Kabupaten Humbahas yang melakukan penunggakan dalam pembayaran pinjaman Dana Simpan Pinjam Perempuan ( SPP ). 
 
Dan selanjut Tim Unit III Tipidkor Sat Reskrim Polres Humbahas telah melakukan Koordinasi dengan pihak Dinas PMDP2A Kabupaten Humbang Hasundutan selaku Pihak Pemerintah yang membina dan mengawasi program Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Kabupaten Humbang Hasundutan terkait perihal pengawasan dan pembinaan yang dilakukan selama ini terhadap kelompok Simpan Pinjam Perempuan ( SPP ) Tersebut.
 
Unit Tipidkor Sat Reskrim Polres Humbahas telah mengirimkan surat permintaan audit kepada pihak Inspektorat Kabupaten Humbahas ( APIP ) terkait kegiatan Pengelolaan Dana Simpan Pinjam Perempuan ( SPP ) Kabupaten Humbang Hasundutan.
 
Pihak Inspektorat Kabupaten Humbang Hasundutan ( APIP ) telah melakukan audit terhadap seluruh Kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan.
 
Berdasarkan laporan hasul audit dari Inspektorat Kabupaten Humbahas / APIP terhadap pengelolaan Dana Simpan Pinjam Perempuan (SPP) di Kabupaten Humbang Hasundutan yang diberikan kepada Unit Tipidkor Polres Humbahas pada tanggal 29 Juli 2020 ditemukan
 
Kerugian Negara sebesar Rp 8.755.800.533 ( Delapan Milyar Tujuh Ratus Lima Puluh Lima Juta Delapan Ratus Ribu Lima Ratus Tiga Puluh Tiga Rupiah ) akibat dari tunggakan yang dilakukan Kelompok Simpan Pinjam Perempuan ( SPP ) di Kabupaten Humbahas.
 
Dari 10 Kecamatan yang menjalankan program Simpan Pinjam Perempuan ( SPP ) tersebut hanya terdapat 2 ( Dua ) Kecamatan yang masih aktif menjalankan program tersebut antara lain :
Kecamatan Paranginan
Kecamatan Pollung
 
Dan kecamatan yang tidak aktif lagi perguliran menjalankan program Simpan Pinjam Perempuan ( SPP ) antara lain :
Kecamatan Doloksanggul
Kecamatan Baktiraja
Kecamatan Pakkat
Kecamatan Parlilitan
Kecamatan Tarabintang
Kecamatan Onan Ganjang
Kecamatan Sijamapolang
Kecamatan Lintong Nihuta
 
Rencana Tindak Lanjut
Menyampaikan undangan dan melakukan wawancara / klarifikasi terhadap kelompok Simpan Pinjam Perempuan ( SPP ) di Kabupaten Humbahas yang menunggak sesuai dengan hasil audit Pihak Inspektorat APIP. 
 
Dan Memberikan waktu selama 60 Hari kepada masing-masing kelompok untuk mengembalikan kerugian Negara tersebut
 
Serta Melakukan pengawasan terhadap proses penyetoran / pengembalian Dana Simpan Pinjam Perempuan ( SPP ) oleh Ketua BKAD dan UPK masing-masing Kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan.
 
Melakukan koordinasi dengan pihak Dinas PMDP2A Kabupaten Humbang Hasundutan selaku fungsi Pembina dan pengawasan terhadap program Simpan Pinjam Perempuan ( SPP ) di Kabupaten Humbang Hasundutan terkait upaya - upaya yang dapat dilakukan untuk menjalankan / mengaktifkan Kembali program Simpan Pinjam Perempuan ( SPP ) di Kecamatan yang sudah tidak berjalan / aktif lagi dengan cara yang sehat dan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku sebut Kapolres Humbahas AKBP RUDI HARTONO.SIK.MM Melalui Paur Subbag Humas Polres Humbahas Bripka SB Lolo Bako Mengakhiri.
 
Ebdy boy sihombing
 
 
 
© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo