Lapas kelas IIB Siborongborong mendapat Apresiasi dari Bupati Tapanuli Utara

By February 04, 2021 94

Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Klas IIB Siborongborong mendapat kunjungan dari Bupati Tapanuli utara, Drs. Nikson Nababan, M.Si beserta Forkopimda Tapanuli Utara.

Siborongborong, (Tabloid Polmas poldasu) 04/02/2021

Bupati Tapanuli Utara bersama Dandim 0210/TU Letkol. Czi Agus Widodo, Kapolres Taput AKBP Muhamad Saleh S.Ik , M.M, Ketua PN Golom Silitonga S.H M.M, Kajari diwakili Kacabjari Siborongborong Elon Pasaribu, SH didampingi Asisten I Parsaoran Hutagalung dan beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Direktur Perusda Pertanian Taput Jan Piter Lumbantoruan, Koramil 18 Siborongborong dan Kapolsek Siborongborong disambut langsung oleh Kalapas Siborongborong, M. Pithra Jaya Saragih, Amd.IP, SH, MH dan pejabat Struktural Lapas Siborongborong, kegiatan tersebut tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan mengukur tinggi Suhu Tubuh, mencuci tangan, memakai masker saat berada di Area Lapas Siborongborong.

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau langsung klinik kesehatan Lapas Siborongborong oleh Bupati Tapanuli Utara bersama rombongan dan Kalapas Siborongborong kemudian melihat karya-karya Warga Binaan Pemasyarakatan yang berada di Galery bimker berupa Sofa, tempat tidur, kerajinan tangan, daur ulang sampah yang dijadikan sebagai lampu hias dan sebagainya.

Kalapas Siborongborong M. Pithra Jaya Saragih mengajak Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan menuju lapangan olahraga Lapas untuk menyapa Warga Binaan Pemasyarakatan dan memberi pengarahan, motivasi, serta memberikan tali kasih berupa makan siang kepada Warga Binaan sebanyak 692 bungkus. "Harus tetap semangat berfikir positif, dan lakukan kegiatan-kegiatan positif. Semoga sepulangnya dari tempat ini masa depan yang lebih baik sudah menanti." Ucap Bupati Tapanuli Utara. 

Kunjungan Bupati Tapanuli Utara ini disambut dengan antusias yang tinggi dari Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Siborongborong. Mewakili warga binaan, Rendi Simangunsong dan Taripar Silaban menyampaikan rasa terimakasih yang sungguh besar atas kehadiran Bupati Nikson Nababan dan menyampaikan tentang hal hal yang menjadi kendala di Lapas. "Terimakasih atas kunjungannya pak Bupati dan kami yakin kehadiran bapak akan membawa perubahan dan hal baru disini," kata Warga Binaan.

Kalapas Siborongborong, M. Pithra Jaya Saragih menyampaikan bahwa Warga binaan Lapas Siborongborong sebanyak 692 orang. Pada kesempatan itu, Ka Lapas juga menyampaikan permasalahan permasalahan di bidang Sarana prasarana kesehatan yang ada di Lapas baik dengan kurangnya tenaga medis pria, alat kesehatan dana transportasi ambulance juga kekurangan debit air yang tidak sesuai dengan isi hunian di Lapas Siborongborong "Terimakasih atas kunjungan Bapak Bupati dan semoga apa yang menjadi permasalahan dapat ditanggapi. Terimakasih pak," ujar Kalapas. 

Dalam kesempatan pertemuan tersebut Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan menyampaikan "Kerinduan kita untuk saling menyapa terlaksana hari ini dan kita bisa berbagi dan makan bersama dengan protokol Kesehatan yang ketat. Kita saling mendoakan agar kita bisa bermakna bagi keluarga, bangsa dan negara. Sekecil apapun karya kita, pasti memiliki makna yang besar bagi bangsa ini. Permasalahan sarana prasarana yang tadi disampaikan akan kita atasi sesegera mungkin," lanjut Nikson. 

Kapolres AKBP Muhamad Saleh S.Ik , M.M mewakili Forkopimda Taput dalam sambutannya bahwa ada suasana yang berbeda atas kehadiran Bupati bersama kami. Tetap semangat dan berdoa. Pertemuan ini sederhana tapi sangat bermakna. "Semoga para warga binaan sepulangnya dari sini memiliki akhlak dan kehidupan yang lebih baik. Kita ciptakan sinergi yang lebih baik diantara kita," ujar Kapolres. 

Kemudian laporan Kalapas Siborongborong, M. Pithra Jaya Saragih secara langsung direspon oleh Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan terkait “Akan menindaklanjuti keluhan yanga ada di Lapas Siborongborong berupa bantuan Tenaga Medis Pria, alat kesehatan, alat Transportasi ambulance dan Air Sumur Bor oleh pemkab Tapanuli Utara yang akan segera direalisasikan, memberi wadah bagi karya-karya WBP baik itu untuk pemasaran dan juga pameran, akan menampung hasil produksi pertanian Lapas Siborongborong” Ucap Bupati.

Diakhir pertemuan dan kunjungan Bupati Tapanuli Utara melakukan poto bersama dan membeli seluruh hasil karya WBP dan dibagikan kepada forkopimda dan rombongan yg hadir. (Humas Lasibor)

 

 

Joice Therling Sianturi

© 2021 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved