MENGINSPIRASI!! ORGANISASI IKATAN GENERASI PEDULI MEMBUKA RUMAH BELAJAR DI MASA PANDEMI

By February 24, 2021 59

Baru Bara ( Tabloid Polmas Poldasu ) Desa Petatal Kecamatan Datuk Tanah Datar setiap Sabtu dan Minggu sore selalu dihiasi oleh keceriaan adik-adik bimbingan Rumah Belajar Ikatan Generasi Peduli. Adik-adik merupakan panggilan untuk anak-anak yang biasa bermain dan belajar bersama kakak-kakak pengurus maupun relawan di organisasi ini.

Kami merasa sangat senang bisa mengajar disini dengan adik-adik, apalagi di kondisi Covid saat ini banyak sekolah tutup dan diganti secara daring, sudah pastinya anak-anak banyak yang malas untuk belajar, makanya Founder IGP berinisiatif buat program ini semoga saja ini menjadi solusi untuk keseimbangan pendidikan di Indonesia disaat Pandemi," Ujar Dinda & Aisyah, Salah Satu Relawan Pengajar

Organisasi IKATAN GENERASI PEDULI sendiri sudah mulai turut andil memberikan bentuk kepeduliannya untuk pendidikan anak-anak terdampak pandemi di Desa Petatal sejak 17 Juli 2020. Hingga saat ini, titik lokasi yang difokuskan dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu Pendopo Agung Samping Mesjid Al-Ikhwan.

Dengan hanya memanfaatkan pendopo, kegiatan belajar mengajar antara adik dan kakak akan dimulai pukul empat sore hingga menjelang maghrib di hari Sabtu dan Minggu.

Materi yang diajarkan pun menyesuaikan dengan kebutuhan, kemampuan, serta tingkat pendidikan adik-adik. Biasanya, setiap satu adik akan didampingi oleh minimal satu kakak selama kegiatan belajar mengajar. Dengan pendekatan secara personal seperti ini, membuat adik-adik cepat akrab serta memudahkan kakak-kakak dalam mengetahui sampai sebatas mana kemampuan mereka.

Selain kegiatan belajar mengajar mingguan, IKATAN GENERASI PEDULI juga ada program menjadikan Desa Petatal menjadi desa yang melek literasi dan peduli dengan pendidikan. Adapun kegiatan yang mengundang minat literasi IKATAN GENERASI PEDULI setiap malam minggu membuka lapak Perpustakaan Jalanan di trotoar Pertamina dan semua orang bisa membaca buku secara gratis.

© 2021 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved