Program Unggulan Untuk Desa Ulumerah: Ada Arung Jeram dan Rumah Singgah di Simpon

By April 06, 2021 62
Pakpak Bharat (Polmas Poldasu) - Desa Ulumerah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu tahun 2021 ini punya program unggulan. Tidak tanggung-tanggung dua program prioritas desa dipastikan mampu mendongkrak pendapatan desa dan juga memperkenalkan Desa Ulumerah. 

"Tahun 2021 ini Desa Ulumerah ada dua program unggulan. Pertama pembangunan jalan menuju sungai Rumerah yang akan dijadikan tempat arung jeram. Kemudian pembangunan rumah singgah di Delleng Simpon," kata Kepala Desa Ulumerah Marudut Berutu kepada Tabloid Polmas Poldasu, Selasa (6/4/2021).

Marudut menjelaskan dua program unggulan tersebut segera terwujud. Dan menurutnya program arung jeram dan rumah singgah di Delleng Simpon akan mendapat kucuran anggaran dari pemerintah pusat.
 
Dan kata dia, soal kegiatan tersebut sudah dilakukan survei oleh pihak kabupaten dan  Propinsi Sumut. "Sudah tahap survei. Dari Medan sudah dilihat potensi arung jeramnya dan kata mereka adalah layak," katanya.
 
Soal kedua pekerjaan tersebut pihak Desa Ulumerah hanya membangun jalan menuju lokasi arung Jeram di Rumerah. Sementara untuk fasilitas lain adalah seperti penataan lokasi arung jeram dan anggarannya adalah dari pusat. "Kalau anggaran penataan lokasi yang diperkirakan 1 kilometer lebih adalah anggaran dari pusat. Jadi kami (desa) hanya membangun jalan menuju lokasi arung jeram," katanya.

Demikian juga rumah singgah di Delleng Simpon. Di sana akan ditata tempat singgah bagi pengunjung. Dan lokasinya akan dibuat cantik. Tujuannya adalah untuk menarik pengunjung.

"Soal rencana tersebut sudah disurvei semua. Kemarin juga sudah turun dari dinas pariwisata Pakpak Bharat dan perwakilan dari provinsi. Dan dari hasil survei arung jeram dan pembangunan rumah singgah layak dan segera dibangun," katanya.

Ia pun menegaskan jika program tersebut terlaksana sudah tentu pendapatan desa akan meningkat. Kemudian jumlah pengunjung kepada Desa Ulumerah meningkat. "Pasti meningkat," ucapnya optimis. MT
© 2021 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved