MBA CIPTA PANGAN MENU BERAGAM, BERGIZI SEIMBANG DAN AMAN (B2SA) TINGKAT KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN

By August 26, 2019 89

Doloksanggul, 23 Agustus 2019 (Polmas Poldasu) - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan mengadakan Lomba Cipta Pangan Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan di Aula Hutamas Komplek Perkantoran Tano Tubu, Jumat (23/8).

Dalam sambutannya Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE yang diwakili  oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Perekonomian dan Pembangunan Reymon Pakpahan, S.Pd mengatakan pemerintah saat ini sedang gencar melakukan upaya diversifikasi konsumsi pangan. Upaya tersebut dilakukan tidak untuk mengganti beras secara total, tetapi mengubah pola konsumsi pangan masyarakat sehingga masyarakat mengkonsumsi lebih banyak jenis atau ragam pangan yang baik sebagai sumber karbohidrat, sumber protein, serta sumber vitamin dan mineral, yang menjadikan kualitas gizi lebih baik. Salah satu bentuk kegiatan yang dilaksanakan dalam mendukung hal tersebut adalah melaksanakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Kabupaten Humbang Hasundutan sebagaimana yang kita laksanakan pada hari ini.

Sementara itu, dalam sambutan tertulis Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Humbang Hasundutan Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor  yang dibacakan oleh Ketua TP PKK Kecamatan Doloksanggul Lenny Manalu mengatakan lomba ini menggunakan menu pangan sumber karbohidrat pangan lokal untuk mengurangi ketergantungan terhadap beras sebagai bahan pangan pokok sekaligus mendorong penggunaan pangan lokal seperti jagung, singkong, ubi jalar, sukun, pisang dan sejenisnya.

Plt. Kadis Ketahanan Pangan Bottor Purba, SE dalam laporannya mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta atau masyarakat dalam penerapan prinsip beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan olahan pangan lokal serta mendorong dan meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat dalam mengembangkan olahan pangan lokal yang bernilai komersial. Lomba ini diikuti oleh 30 orang yang memiliki usaha kuliner/industri pangan lokal yang di dampingi oleh Ketua TP PKK Kecamatan Se Kabupaten Humbang Hasundutan. Pemenang pada acara ini akan di ikutkan untuk mewakili Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai peserta lomba Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang direncanakan dilaksanakan di Medan pada bulan September.

Sebagai Tim Juri Lomba, Maria Munthe ( Pengusaha UMKM Pangan Lokal), Nova Tambunan S.Pd (Alumni Jurusan Tata Boga UNIMED), Linda Hutasoit, S.Km (Ahli Gizi Dinas Kesehatan). Hal-hal yang menjadi penilaian adalah cita rasa, penampilan,cara pengolahan pangan lokal dan nilai komersil. Keluar sebagai juara I adalah Kec. Doloksanggul, Juara II Kec. Paranginan, Juara III Kec. Onanganjang, Harapan I Kec. Pollung, Harapan II Kec. Baktiraja, Harapan III Kec. Sijamapolang.

Hadir dalam acara Camat Se-Kabupaten Humbang Hasundutan, Ketua TP Penggerak PKK Kecamatan.

Berita dirilis dari
( Diskominfo )
Kabupaten HUMBANG HASUNDUTAN
Oleh POLMAS POLDASU
TAPUT/HH.

© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo