Gotong-royong Massal Untuk Gerakan Pengurangan Penggunaan Plastik

By September 03, 2019 106

Doloksanggul - 2 September 2019 (Tb. Polmas Poldasu) - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan melakukan gotongroyong massal dalam mendukung pengurangan limbah plastik sebagaimana komitmen Indonesia untuk mengurangi sampah plastik laut sebesar 70 persen hingga tahun 2025. Kegiatan ini dilaksanakan serempak disepuluh kecamatan (2/9) dengan melibatkan ASN, anak sekolah dan masyarakat.

Gotong-royong ini merupakan lanjutan Gerakan Humbang Hasundutan bersih 2019 dan mendukung program pemerintah pusat untuk pengurangan penggunaan kemasan (packaging) plastik, dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi aspal.

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE melalui Kepala Dinas Kominikasi dan Informatika, Drs. Hotman Hutasoit kepada media menyampaikan bahwa Pemanfaatan limbah plastik sebagai aspal merupakan kerjasama antara Kementerian PUPR dan Kementerian Koordinator Kemaritiman dalam rangka mengurangi limbah plastik. Program ini merupakan salah satu solusi dalam pengurangan limbah plastik, dimana setiap keluarga memproduksi limbah plastik termasuk di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Pada gotong-royong massal yang diprogramkan Pemkab Humbang Hasundutan selain lanjutan gerakan Humbang Hasundutan bersih 2019 adalah dukungan pengurangan limbah plastik. Rencananya, sampah bahan plastik akan dipisahkan dan dikumpulkan, limbah plastik ini akan dipress, untuk selanjutnya diproses menjadi bahan campuran aspal.

Pemkab Humbang Hasundutan merencanakan aspal dari limbah plastik ini akan dipergunakan membangun jalan dari Objek Wisata Sipinsur, kecamatan Pranginan menuju Objek Wisata Bhaktiraja, Kecamatan Bhaktiraja. Jalan ini akan mejadi salah satu icon dan bukti nyata pemanfaatan limbah plastik menjadi aspal yang sudah diprogramkan oleh pemerintah.

Pada surat undangan yang disampaikan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Humbang Hasundutan diminta agar camat meneruskan surat undangan kepada kepala desa.

H Silaban.( HL )
Biro Polmas-Poldasu
Taput/HH

© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo