Kementerian Kominfo Latih Pokdarwis Humbahas Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Melalui Pemanfaatan Teknologi

By September 09, 2019 93

TAPUT-HUMBAHAS, Sipincur (4/9/2019). (Polmas Poldasu) - Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor sangat konsen dalam mewujudkan peningkatan kunjungan wisatawan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Hal ini terbukti pada hari ini dilakukan kegiatan pelatihan terhadap 40 orang para pelaku kepariwisataan disekitaran Kecamatan Paranginan dan Kecamatan Lintongnihuta seperti pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), pengelola homestay, café dan lainnya. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, bertempat di Open Stage Geosite Sipincur, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kementerian Kominfo yang diwakili Sumarno selaku Kasubdit Pengembangan Ekonomi Digital Pariwisata, Transportasi dan Perdagangan, Plt. Kadis Pariwisata Resva Panjaitan, SE.,MM, Kabid Informatika Dinas Kominfo Deddy Situmorang, Kabid Destinasi dan sarana prasarana Clara Rajagukguk, Alfonsus Aditya selaku narasumber dari Triponyu.

Dalam sambutannya, Sumarno menyampaikan bahwa mulai saat ini untuk mempromosikan wisata harus melalui dunia maya, dimana saat ini sudah masuk era digital. “Kementerian Kominfo hadir dalam menjalankan tugas untuk memperkenalkan semua objek wisata sampai ke kancah internasional melalui penggunaan teknologi. Peran Kominfo selain terkait internet untuk konektivitas juga mempersiapkan ahli TIK seperti startup yang baru untuk mempromosikan wisata di Kabupaten Humbang Hasundutan”, jelas sumarno.

Sambutan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Humbang Hasundutan Drs. Hotman Hutasoit yang dibacakan Deddy Situmorang, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti komitmen bersama Kementerian/Lembaga dengan Pemkab Humbang Hasundutan tentang Pengembangan Sektor Pariwisata di Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2018- 2019 yang ditandatangani 20 September 2019 yang lalu, dimana lauching kegiatan tersebut dihadiri Menteri Pariwisata dan Menteri Komunikasi dan Informatika.

Lebih lanjut dikatakan Kadis Kominfo, bahwa 3 komitmen yang serius dari Kementerian Kominfo telah terlaksana di Kabupaten Humbang Hasundutan antara lain program bantuan akses internet sebanyak 10 unit di Kecamatan Baktiraja dan Kecamatan Paranginan, Kegiatan workshop Genposting (Generasi Positive Thinking) yang dilaksanakan 2 kali kegiatan dan pembuatan konten promosi homestay yang hari ini dan besok dilaksanakan di 2 tempat yakni di Sipincur dan Baktiraja.

Plt. Kadis Pariwisata, Resva Panjaitan  dalam sambutannya menyampaikan kepada seluruh peserta untuk dapat serius dan bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan tersebut agar dapat bermanfaat dalam mempromosikan wisata yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dengan 2 tempat yang berbeda yakni hari pertama 4 September 2019 bertempat di Geosite Sipincur Kecamatan paranginan dan hari kedua 5 September 2019 bertempat di Mess Pemkab Humbang Hasundutan di Kecamatan Baktiraja dengan total peserta 80 orang.

( DK-HH ) POLMAS-POLDASU
EDISON SANTA NABABAN.
TAPUT-HUMBAHAS.

© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo