GEMA CERMAT dan AOC DUKUNG GERMAS DI HUMBAHAS

By September 13, 2019 110

Doloksanggul, 12 September 2019 (Polmas Poldasu) - Gerakan Masyarakat (Gema) Cerdas Menggunakan Obat (Cermat) dan Apoteker Agent of Change (AOC) dukung gerakan masyarakat (Germas) di Kabupaten Humbang Hasundutan. Gema Cermat ini dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi yang dilaksanakan di Grand Maju Hotel Doloksanggul (12/9).

Bupati Humbang Hasundutan yang diwakili oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Janter Sinaga membuka acara Sosialisasi Pelaksanaan Gema Cermat dan Optimalisasi Apoteker AoC serta Pencanangan Gema Cermat dengan resmi.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutannya yang di bacakan oleh  Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Janter Sinaga mengatakan GeMa CerMat merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka meningkatkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan ketrampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat. Bupati juga mengajak masyarakat hendaknya aktif mencari informasi dan bertanya sebelum menggunakan obat supaya masalah kesehatan akibat kesalahan penggunaan obat dapat di cegah.

Dalam sambutan Kepala Dinkes Prov. Sumut yang dibacakan oleh Kepala Seksi Kefarmasian Nelly Murni, S.Si, Apt  mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu metode untuk pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk penggunaan obat atau swamedikasi karena pengetahuan masyarakat tentang cara memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat dengan benar masih minim.

Dalam laporan kegiatan yang di bacakan Plt. Kadis Kesehatan dr. Binner Sinaga, M.Kes  kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan,pengetahuan dan ketrampilan peserta sehingga mampu menjelaskan penggunaan obat secara rasional dan pengelolaan serta penggunaan obat sendiri dan dirumah tangga.

Asisten Kesejahteraan Masyarakat Drs. Janter Sinaga yang di dampingi oleh Perwakilan Kemenkes Erie Gusnellyanti, S.Si, Apt, Perwakilan Dinkes Provinsi Nelly Murni, S.Si, Apt dan Plt. Kadis Kesehatan dr. Binner Sinaga, M.Kes melakukan pemukulan gong sebagai tanda di mulai nya pencanangan Gema Cermat  di Kabupaten Humbang Hasundutan dan melaksanakan pengukuhan Apoteker AoC kepada apoteker yang berasal Kab. Humbang Hasundutan dan Kab. Dairi yang telah diberikan pembekalan pada hari Rabu, 11 September 2019 di Aula Hotel Grand Maju.

Acara diisi dengan pemaparan materi yang berjudul “GeMa CerMat” oleh Erie Gusnellyanti, S.Si, Apt, MKM dari Direktorat Pelayanan Kefarmasian Kementerian Kesehatan RI, Materi “Penggolongan Obat dan Dagusibu” oleh Apoteker Pertiwi Damalestiawati dari Master AOC Provinsi Jawa Barat dan Materi “Penggunaan Antibiotik Bijak” oleh Kasi Farmasi Dinkes Provinsi Sumatera Utara Nelly Murni, S.Si, Apt  dan di lanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta dan diskusi kelompok.

Hadir dalam acara Camat Se Kabupaten Humbang Hasundutan, Perwakilan OPD dan  Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Kecamatan.

( Diskominfo - Kab: HH )
Polmas-Poldasu
Taput/HH.
Soaduon Togatorop.

© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo