Perayaan Nyepi di Kota Medan Berlangsung Aman dan Lancar

By March 08, 2019 11
Medan (POLMAS) - Ketua Masyarakat Hindu Medan, I Wayan Dirgayasa Tangkas, mengatakan, perayaan Hari Raya Nyepi yang dilaksanakan di Pura Agung Raksa Buana, Polonia Medan, berlangsung aman dan lancar.
 
"Kami mengapresiasi masyarakat dan aparat kepolisian yang langsung melakukan pengamanan saat ibadah dilaksanakan. Kami sangat berterima kasih," ujar I Wayan Dirgayasa Tangkas, di Medan, Kamis (7/3/2019).
 
Wayan mengatakan, makna perayaan nyepi dalam Catur Bratha bagi umat Hindu, dilakukan dengan empat pengendalian diri, yakni, Amati Geni atau tidak menyalakan Api, Amati Lelanguan atau tidak melaksanakan kegiatan, Amati Lelungan atau tidak bepergian, Amati Karya atau tidak bekerja.
 
"Dalam perayaan Nyepi di Medan, umat Hindu menyesuaikan diri, sehingga pelaksanaan dalam memperingatinya, tentunya berbeda. Situasi di luar Bali menganut konsep Desa Kala Patra, yaitu menyesuaikan diri. Kalau di Bali, benar-benar hening," kata Wayan.
 
Wayan menambahkan, tidak ada kendala yang berarti saat perayaan keagamaan untuk umat Hindu tersebut. "Prosesi ibadah berjalan lancar tanpa adanya gangguan dari pihak tertentu," tandas Wayan.
© 2019 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved