Terkait Dugaan Mark-Up Anggaran Dana Desa Dan Memanipulasi Kinerja Operator Desa Sei Muka. Warga Minta Bupati Dan Kapolres Audit Mantan Kades Erwanto.

By October 07, 2019 885
Sei Muka-Batu Bara (Tb. Polmas Poldasu) - Warga Desa Sei Muka. Kec. Datuk Tanah Datar. Kab. Batu Bara meminta kepada Bupati dan Kapolres audit mantan Kepala Desa Sei Muka (ERWANTO). Terkait adanya dugaan mark-up pengadaan penyelenggaraan pembangunan pos keamanan desa dan manipulasi kinerja operator desa di Sei Muka (06/10/19)
 
Hal tersebut dimintakan oleh warga karena selama masa jabatannya Erwanto selaku Kepala Desa Sei Muka diduga menggunakan jabatannya dengan semena-mena.
 
Dari hasil konfirmasi awak media kepada salah satu warga yang ikut serta membubuhkan tandatanganya dan tinggal di Desa Sei Muka yang tidak ingin identitasnya di ketahui mengatakan bahwa" Kami warga Desa Sei Muka sudah sepakat dan membubuhkan tandatangan untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib. Inspektorat, kejaksaan dan Bupati Batu Bara terkait adanya dugaan mark-up anggaran dana desa dan manipulasi kinerja operator desa. Dan Sebelumnya untuk pengadaan penyelenggaraan pembangunan pos keamanan desa sudah di anggarkan melalui anggaran dana desa di tahun 2016 yang lalu.
 
Namun Erwanto selaku kepala desa pada saat itu membuat kembali rencana anggaran biaya desa yang tertuang dalam Peraturan Desa No.2. tahun 2019 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Sei Muka Tahun 2019. dengan budget untuk pengadaan penyelenggaraan pembangunan pos keamanan desa sebesar Rp.13.723.000,-.
 
Dimana dari perhitungan ril biaya tersebut hanya dipergunakan lebih kurang 5 Juta. masih ada sisanya lagi dari rencana anggaran dana desa yang dikeluarkan, dimana dana tersebut digunakan bukan untuk pembangunan baru melainkan hanya tambahan atau rehab atasnya saja. 
 
Tak hanya itu Erwanto juga mengeluarkan Surat Keputusan Kepala Desa Nomor : 016/SK/SM/I/2019. tanggal 03 Januari 2019. tentang Pengangkatan Sekaligus Penetapan Operator Desa di Desa Sei Muka.dengan mengangkat ataupun menetapkan saudara DANDI RAMAWAN Sebagai Operator Komputer Desa Di Kantor Kepala Desa Sei Muka. Dengan honor sebesar Rp.12.000.000,-/tahun.
 
Namun pada faktanya dilapangan operator Desa di Desa Sei Muka yang bernama DANDI RAMAWAN merupakan anak kandung dari Erwanto (Kepala Desa) yang tidak pernah melaksanakan pekerjaan sebagai  Operator Desa di Desa Sei Muka sesuai dengan surat keputusan yang dikeluarkan oleh Erwanto.
 
Hal yang dilakukan oleh Erwanto selaku Kepala Desa Sei Muka pada saat itu,  sangat bertentangan dengan UU no.6 tahun 2016 tentang desa. peraturan bupati Batu Bara nomor 7 tahun 2016 tentang susunan organisasi dan tata cara pembentukkan perangkat daerah dan peraturan lainnya.
 
Untuk itu kami sebagai warga dari Desa Sei Muka meminta Kepada Bupati dan Kapolres Batu Bara untuk mengaudit seluruh anggaran dana desa Sei Muka  selama masa jabatan Erwanto menjadi Kepala Desa di Desa Sei Muka. (pinta warga Desa Sei Muka)
 
(Redaksi/Tim).
© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo