Pesta Budaya Njuah-Njuah Dairi 2019 Berlangsung Meriah, Seniman dan Budayawan Diminta Jaga Generasi Muda

By October 08, 2019 68

DAIRI (Polmas) Pesta Budaya Njuah-Njuah Dairi 2019, di Lapangan Stadion Panji, Sidikalang, Kabupaten Dairi, Senin (30/9)lalu. berlangsung semarak dan meriah. Ribuan orang ikut dalam kirab seni budaya menampilkan kekayaan alam dan pertanian dari masing-masing kecamatan, serta penampilan seni kontemporer dari para pekerja seni.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Sabrina mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ketika membuka pesta budaya tersebut menyampaikan pesan Gubernur, agar para seniman dan budayawan menjaga generasi muda untuk melestarikan adat budaya Pakpak.

Menurutnya, kekayaan beragam budaya yang tercermin dalam wujud nilai seni budaya, kesenian yang tersebar luas perlu ditingkatkan. Karena itu para seniman dan budayawan perlu meningkatkan keterpaduan langkah guna membina jati diri dan karakter bangsa. Serta mendorong peningkatan apresiasi masyarakat terhadap karya budaya secara berkelanjutan.

"Sumatera Utara memiliki beragam budaya yang terdiri dari beberapa etnis. Masing-masing memiliki daya tarik tersendiri dengan khasnya yang sangat unik. Tentunya budaya luar biasa ini harus dilestarikan sehingga tidak punah oleh pengaruh budaya asing,” jelasnya.

Pemprov Sumut, lanjutnya, mengapresiasi kegiatan Pesta Budaya Njuah-Njuah Dairi, yang relevan dengan program pembangunan Sumut di bidang pariwisata dan pertanian, sebagai andalan kabupaten ini. Sehingga ciri khas dan jati diri tersebut, dapat menjadi potensi ekonomi dengan daya tariknya.

“Karena itu dengan diselenggarakannya acara ini, kami berharap para seniman dan budayawan  etnis pakpak dapat merangkul generasi muda untuk dapat lebih mengenal adat dan budaya dari leluhur serta mampu mengapresiasikannya melalui sebuah karya seni. Sehingga melalui acara ini, dapat memberikan kontribusi yang besar dalam mendukung pembangunan Provinsi Sumatera Utara di bidang seni budaya,” sebutnya.

Pembukaan resmi ditandai pemukulan gong, pelepasan balon ke udara dan penghormatan secara adat Pakpak kepada Sekdaprov Sumut Sabrina sebagai tamu,dalam perhelatan pesta Njuah njuah di Sidikalang Kabupaten Dairi Sumut.(KP)

© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo