Sekda : HUT Ke 71 Provinsi Sumatera Utara Akan Digelar Meriah

By March 13, 2019 32
Medan (POLMAS) - Panitia Pelaksana persiapan Ulang Tahun Provinsi Sumatera Utara, Muhammad Yusuf menyebutkan, saat ini tengah melakukan rapat kesiapan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyukseskan hari jadi Sumut tersebut.
 
Rapat ini sendiri dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara, di lantai delapan, Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Selasa (12/3/2019).
 
Muhammad Yusuf mengatakan, dalam rangka menyambut ulang tahun Provinsi Sumut yang ke 71 Tahun, menggelar rapat untuk meminta masukan dan ide-ide yang akan digagas dalam menyukseskan acara tersebut.
 
"Ya persiapan kita di hari ini adalah, kita mulai rapat-rapat persiapan dalam rangka ulang tahun Provinsi ke 71 tahun," ucap Muhammad Yusuf, yang ditemui Tribun Medan, seusai melaksanakan rapat itu.
 
Ulang Tahun Provinsi Sumatera Utara jatuh pada 15 April 2019 mendatang. Menurutnya, dalam puncak acara 15 April mendatang, pihaknya akan melakukan upacara atau penghormatan kepada pahlawan-pahlawan Sumut dengan menziarahinya di Makam Pahlawan, Jalan Sisingamangaraja.
 
Kemudian memberikan penghormatan kepada Gubernur Sumatera Utara yang sudah wafat dan sudah berjasa membangun Sumut.
 
"Jadi acara puncaknya, yaitu pada tanggal 15 April nanti, dan ketepatan hari jadi Sumut. Jadi pada hari itu, akan ziarah ke makam pahlawan, dalam rangka menghormati para pahlawan kemerdekaan dan juga mantan gubernur yang sudah meninggal," kata dia
 
Kegiatan tersebut akan dilakukan pada 15 April, mulai dari pukul 07.00 - 09.00 WIB dan diikuti oleh seluruh OPD dan Bupati hingga Wali Kota Se-Sumut.
 
"Dimulai dari 07.30 WIB -09.00 WIB, dengan mengundang instansi vertikal dan seluruh OPD di Sumut," katanya.
 
Setelah acara pemberian penghormatan selesai dilaksanakan di Makam Pahlawan, akan ada juga kegiatan selanjutnya, yaitu rapat Paripurna di DPRD Sumut. 
 
Lalu akan dilanjutkan dengan jamuan makan siang bersama dengan Gubernur Sumatera Utara di Rumah Dinas, Jalan Sudirman. Masyarakat juga boleh datang langsung ke Rumah Dinas untuk bersilaturahmi dengan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah.
 
"Kemudian, rapat paripurna di DPRD Sumut, yaitu hari ajdi Sumut. Setelah selesai dilanjutkan dengan resepsi kenegaraan jamuan makan siang di rumah dinas Gubernur, dengan mengundang seluruh unsur masyarakat," ujarnya.
 
Acara peringatan ulang tahun Sumut ini akan dipercepat, lantaran berbenturan dengan Pemilihan Umum (Pemilu). 10 April mendatang, pihaknya akan mengadakan beberapa kegiatan sosial, yaitu memberikan bantuan kepada panti-panti asuhan, jompo dan lain-lain, ada sekitar 20 tempat yang akan dikunjungi.
 
"10 April kita akan mengadakan kunjungan bakti sosial ke panti-panti di Sumut, dalam rangka berbagi rasa, bahwa ulang tahun Pemprov Sumut ini mendapatakan perhatian. Ada sekitar lebih kurang 20 panti akan kita datangi dari beberapa SKPD," ujarnya.
 
Tidak berhenti pada pemberian bantuan kepada panti sosial, pihaknya juga akan mengadakan pawai kendaraan hias yang akan diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota dan OPD di Sumut. Lalu ada juga bazar hingga pelayanan publik ke masyarakat.
 
"Lalu akan mendapatkan pawai kendaraan hias seluruh kabupaten kota, dan OPD di Sumut 50. Lalu ada bazar dan pelayanan masyarakat juga," kata dia.
 
Pada pesta rakyat nanti, yang akan dilaksanakan setelah habis pemilu, ada berupa hiburan kepada rakyat Sumut. 
 
Dikesempatan itu juga, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi akan menyampaikan pidato penting, tentang apa saja yang sudah lakukan Pemerintah Provinsi Sumut selama 71 Tahun.
 
"Pesta rakyat nanti, pak Gubernur akan menyampaikan kata sambutan, apa saja yang telah tercapai selama 71 tahun selama provinsi Sumut berdiri. Kemudian apa saja yang akan dibangun untuk ke depanya untuk masyarakat Sumut. Kita juga akan mengadakan tabligh Akbar yang akan dilaksanakan tanggal 11 April," ujarnya.
 
Yusuf panggilan akrabnya, mengatakan bahwa pesta rakyat sendiri akan digelar di Lapangan Merdeka Kota Medan, bila tidak ada halangan kemungkinan akan memakai dua tempat, satunya lagi di Gedung Serbaguna, Jalan Wiliam Iskandar, Deliserdang.
 
"Jadi dalam HUT provinsi, tempat pesta rakyat kita itu masih di lapangan merdeka, tapi kalau tak di gedung serbaguna," ucapnya.
 
Demi menghibur masyarakat, pemerintah Sumut sendiri akan mendatangkan artis-artis Ibu Kota, satu di antaranya Judika Sihotang. 
 
Tidak hanya artis ibu kota, pemerintah Sumut juga akan mendatangkan para komika untuk menghibur masyarakat.
 
"Kita juga akan mengundang artis-artis ibukota, satu diantaranya adalah Judika. Dan juga mengundang komika. Untuk menghibur rakyat Sumut," ucapnya.
 
Selain itu, akan ada lucky draw kepada masyarakat, kata Yusuf, seluruh kegiatan ini gratis dan tanpa ada pungutan apapun. Perihal ini dilakukan dalam rangka menyambut hari jadi Provinsi Sumatera Utara, yang kemudian ke depanya bisa lebih baik.
 
"Kita juga akan memberikan lucky draw kepada masyarakat. Jadi nantinya setelah ualng tahun ini akan menyampaikan kepada masyarakat apa saja yang perlu dicapai untuk Sumut mendatang," kata dia.
(Red)
© 2019 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved