Dihantam Angin Puting Beliung, 30 Rumah dan 1 Mesjid di Desa Rondaman Dolok Porakporandakan

By April 12, 2019 12
Paluta (POLMAS) - Hujan deras yang disertai angin puting beliung memporak-porandakan 30 unit bangunan rumah warga dan satu Mesji di Desa Rondaman Dolok, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Kamis (28/3) sekitar pukul 18.00 WIB sore. 
 
Pantauan, Jumat (29/3), personil TNI dari Koramil 05 PB bersama Tim BPBD Kabupaten Paluta terjun ke lokasi membantu masyarakat melakukan pembersihan bangunan rumah yang dihantam angin puting beliung. 
 
Bupati Paluta, Andar Amin Harahap SSTP MSi didampingi Sekda Burhan Harahap turut hadir melakukan peninjauan rumah warga yang dihantam angin puting beliung. 
 
Kepala Desa Rondaman Dolok, Asnawi Alamsyah Harahap mengatakan, hujan deras dan angin puting beliung yang terjadi Kamis (28/3) sore mengakibatkan sedikitnya 30 unit atap rumah warga rusak dihantam angin. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. 
 
"TNI dan BPBD sudah datang ke lokasi melakukan pembersihan rumah warga yang rusak. Pak Bupati didampingi Sekda bersama Camat Portibi juga sudah turun ke lokasi melakukan penunjauan," ungkap Asnawi.
 
Plt Kaban BPBD, Rustam Hasibuan melalui Kabid Kedaruratan Nuar Siregar mengatakan, tim sudah dikerahkan ke lokasi rusaknya rumah warga.
 
"Kita sudah melakukan pembersihan dan mendata jumlah rumah warga yang rusak," jelasnya. 
 
Sementara, Danramil 05 PB Kapten Inf Czi Pahlawan Nasution mengatakan, pihaknya juga mengerahkan sebanyak 22 personil dari Koramil untuk membantu warga dan pihak BNPB melakukan pembersian rumah warga yang diterjang angin puting beliung. 
 
Camat Portibi Gusti Harahap S.Sos mengatakan, laporan sementara puting beliung yang menghantam pemukiman warga hanya menyebabkan kerusakan dan kerugian material saja.
 
“Saat ini yang baru didata sebanyak 30 unit rumah dan 1 mesjid Pondok Pesantren Nurul Iman," terangnya. 
 
Meski begitu, pihaknya masih terus melakukan koordinasi untuk pendataan jumlah kerusakan yang dialami warga secara keseluruhan.
 
Terpisah, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi di lokasi mengatakan, bangunan mesjid yang rusak akan dibantunya secara pribadi. Sedangkan atap rumah warga yang rusak akan ditanggulangi dari dana bencana alam.
 
Ia berpesan agar pihak BPBD Paluta dan pemerintah kecamatan agar tetap berkoordinasi untuk melakukan penanganan dan penanggulangan atas kerugian dialami oleh warga. (Red)
 
 
 
 
© 2019 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved