PARTAI NASDEM KABUPATEN BATU BARA TARGETKAN MENANG PADA PEMILU 2024

By SH September 27, 2021 90

            Hasil Pemilu 2019 sangat menggembirakan bagi Partai Nasdem secara nasional. Betapa tidak, kalau pada Pemilu Tahun 2014 Partai Nasdem menempati posisi 8 (delapan) besar dengan raihan suara 6,72% nasional, pada Pemilu 2019 posisi Partai Nasdem melonjak drastis berhasil bertengger diposisi 4 (empat) besar dengan perolehan kursi di DPR RI sebanyak 59 (lima puluh sembilan) kursi. Tentu saja sukses Partai Nasdem pada Pemilu 2019 akan menjadi modal dan semangat besar untuk meraih kesuksesan yang lebih tinggi lagi, yaitu memenangkan Pemilu 2024 atau paling tidak meraih posisi 3 (tiga) besar nasional.

            Dari hari ke hari, partai besutan Surya Paloh ini pun tampaknya terus dicintai oleh masyarakat luas. Banyak elit politik, mantan pejabat pemerintah, mantan pejabat TNI-Polri, akademisi, dan masyarakat grassroots di Indonesia kini telah bergabung di Partai Nasdem. Partai yang didirikan pada Tanggal 11-11-2011 ini tak pelak dicintai oleh kalangan luas dikarenakan 3 (tiga) alasan, yaitu pertama Ketua Umumnya tidak berambisi ingin jadi calon presiden atau ingin jadi menteri sehingga mampu memimpin partai secara arif dan bijaksana karena tanpa adanya tekanan atau tanpa politik balas budi terhadap penguasa (rezim), kedua politik tanpa mahar sehingga membuat siapa saja yang dicintai rakyat dapat menggunakan sampan Partai Nasdem jika ingin mencalonkan diri sebagai Gubernur, Bupati/Walikota atau Calon Anggota Legislatif tanpa mengeluarkan biaya, dan ketiga Partai Nasdem adalah partai yang dermawan aktif memberikan bantuan sosial kepada Rakyat Indonesia manakala terjadi bencana baik bencana alam maupun bencana sosial kemanusiaan.

            Tiga alasan itulah yang membuat Partai Nasdem optimis pada Pemilu 2024 sangat mungkin untuk menjadi pemenang atau paling tidak berada pada ranking ke-3 nasional sembari berbagai upaya internal juga harus dilakukan sebagai salah satu syarat untuk mengejawantahkan target kemenangan tersebut. Target menang pada Pemilu 2024 telah ditetapkan dalam Kongres II Partai Nasdem yang digelar pada 9-10 November 2019 lalu.di Jakarta, ketika itu dalam pidato politiknya Ketua Umum Surya Paloh menegaskan Target Partai Nasdem pada Pemilu 2024 menang, untuk itu diinstruksikan kepada organ partai baik di pusat, provinsi maupun di kabupaten/kota hingga ke tingkat desa/kelurahan untuk berjuang secara sungguh sungguh dari saat ini sampai hari H Pemilu nanti.

            Terkait dengan cita cita besar Partai Nasdem sebagaimana telah diuraikan di atas, menjadi menarik untuk mengulas dan merangkum kinerja Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Tim Liputan Tabloid Polmas Poldasu berhasil mengumpulkan data dan informasi baik yang bersumber dari hasil wawancara langsung dengan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara Amran, S.H., dari hasil olah data tertulis maupun dari hasil pengamatan (observasi) langsung Wartawan Tabloid Polmas Poldasu dilapangan.

Amran, S.H.Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara Periode 2020 s.d. 2024
"Amran, S.H.Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara Periode 2020 s.d. 2024"

Sejarah Partai Nasdem di Kabupaten Batu Bara

            Berdasarkan data yang didapat dari Sekretariat Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara, Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara berdiri pada Tahun 2011. Pada saat itu Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara dijabat oleh Irianto Mahmud, Sekretaris dijabat oleh Amran, S.H., dan Bendahara dijabat oleh Ferry. Pada penyelenggaraan Pemilu 2014 Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara memperoleh 4 (empat) kursi di DPRD dari total 35 (tiga puluh lima) kursi yang tersedia. Hasil yang diraih oleh Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara pada Pemilu 2014 tersebut terbilang cukup mengejutkan sebab dalam keadaan usianya yang masih dini tapi mampu meraih 4 (empat) kursi di DPRD dan sekaligus mengalahkan partai lama seperti PPP, PAN, dan PKS.

            Seiring perjalanan waktu, dinamika organisasi pun terjadi pada Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara. Pada Tahun 2017 Struktur Kepengurusan Partai Nasdem berubah, Amran, S.H. yang semula menjabat Sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara diangkat oleh DPP Partai Nasdem menjadi Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara menggantikan Irianto Mahmud. Selanjutnya posisi Amran, S.H. selaku Sekretaris DPD digantikan oleh Dra. Tiurlan Napitupulu yang merupakan Anggota DPRD Kabupaten Batu Bara, dan Jabatan Bendahara DPD diduduki oleh Taufik Hidayat yang juga adalah Anggota DPRD Kabupaten Batu Bara ketika itu.

            Dalam perhelatan Pemilu 2019, sama seperti partai lainnya yaitu PDIP, Golkar, dan Gerindra, perolehan suara Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara menurun, hal ini terlihat dari penurunan raihan jumlah kursi di DPRD, dari 4 (empat) kursi pada Pemilu 2014 menurun menjadi 3 (tiga) kursi pada Pemilu 2019. Penurunan tersebut terjadi dikarenakan selain persaingan yang semakin ketat juga dikarenakan Caleg Incumbent tidak maksimal berjuang sehingga Partai Nasdem kehilangan kursi untuk Dapil Kecamatan Lima Puluh.

 

Pengurus DPD Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara Periode 2020 s.d. 2024, menyampaikan kebulatan tekad siap berjuang memenangkan Partai Nasdem di Kabupaten Batu Bara pada Pemilu 2024.
"Pengurus DPD Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara Periode 2020 s.d. 2024, menyampaikan kebulatan tekad siap berjuang memenangkan Partai Nasdem di Kabupaten Batu Bara pada Pemilu 2024."

 Konsolidasi Organisasi

Untuk mendapatkan berbagai data dan informasi terkait dengan persiapan Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara dalam menyahuti target menang pada Pemilu 2024, Tim Liputan Tabloid Polmas Poldasu menemui Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara Amran, S.H,.dikantornya di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 201 B Kecamatan Lima Puluh pada Selasa (21/9). Kepada Tim Liputan Tabloid Polmas Poldasu Amran menjelaskan bahwa dalam rangka untuk mewujudkan target Partai Nasdem menang di Kabupaten Batu Bara pada Pemilu 2024 mendatang, hal pertama sekali yang dilakukan pihaknya adalah melaksanakan Konsolidasi Organisasi yang meliputi pengisian kepengurusan partai mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga ke tingkat ranting desa dan kelurahan. Kemudian Konsolidasi Organisasi juga berupa pembenahan sarana dan prasarana partai seperti pengadaan kantor partai pada setiap tingkatan, melengkapi uniform pengurus, pembuatan Kartu Tanda Anggota  (KTA) bagi semua pengurus dan anggota, dan memastikan hubungan silaturahmi serta komunikasi antara pengurus dengan pengurus serta antara pengurus dengan anggota berjalan lancar tidak tersumbat atau terputus guna menghindari terjadinya miss comunication dan miss understanding yang dapat berakibat merugikan partai.

Salah satu hal yang terpenting dari sebuah proses Konsolidasi Organisasi Kata Amran adalah memastikan bahwa orang orang yang akan direkrut menjadi Pengurus Partai Nasdem baik di tingkat kabupaten, kecamatan hingga di tingkat ranting haruslah orang orang pilihan yang memiliki profesionalisme kerja, semangat militansi, semangat soliditas, bertanggungjawab, dan ulet. Merekrut orang orang seperti itu menjadi Pengurus Partai adalah suatu keniscayaan sebut Amran sebab Pengurus Partai adalah mesin penggerak partai yang sangat menentukan arah dan perjuangan partai dalam menggapai cita cita yang telah digariskan oleh Pimpinan Partai Nasdem di Jakarta.  Alhamdulillah tegas Amran, dari hasil Konsolidasi Organisasi yang telah dilakukan pihaknya, saat ini Dewan Pimpinan Cabang Partai Nasdem telah terbentuk di 12 (dua belas) kecamatan yang ada di Kabupaten Batu Bara, dan Dewan Pimpinan Ranting telah terbentuk di 77 (tujuh puluh tujuh) desa/kelurahan dari 151 desa/keluarahan yang ada di Kabupaten Batu Bara serta Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara berhasil merekrut anggota baru sebanyak 865 (delapan ratus enam puluh lima) orang. Kedepan Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara akan terus meningkatkan kualitas Konsolidasi Organisasi khususnya dalam upaya merekrut anggota baru sebanyak banyaknya.

 Restorasi atau Gerakan Perubahan

Kepada Tim Liputan Tabloid Polmas Poldasu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara Amran, S.H., juga menjelaskan filosofi perjuangan Partai Nasdem di Indonesia. Terang Amran, filosofi perjuangan Partai Nasdem adalah Restorasi yang artinya gerakan perubahan. Hadirnya Partai Nasdem ucap Amran harus mampu memberikan andil bagi terjadinya perubahan di semua lini kehidupan berbangsa dan bernegara, seperti perubahan pada kehidupan demokrasi dan politik, perubahan pada kehidupan ekonomi, perubahan pada  kehidupan sosial budaya, tegaknya supremasi hukum, pengakuan terhadap Hak Asasi Manusia, dan perubahan pada bidang kehidupan rakyat lainnya. Intinya, ucap Amran, tidak hanya Partai Nasdem, semua partai politik wajib memiliki tanggungjawab untuk melakukan perubahan agar Bangsa dan Negara Indonesia menjadi lebih baik dan lebih sejahtera. “Kerja Partai Nasdem adalah kerja untuk kepentingan Bangsa dan Negara, dan kader Nasdem adalah kader tangguh yang harus mampu menjadi agen/pelopor perubahan”, tutur Amran.penuh semangat.

Bersatu, Berjuang, dan Menang

            Selain memiliki filosofi perjuangan, menurut Amran, Partai Nasdem juga memiliki semboyan dan motto perjuangan yaitu Bersatu, Berjuang, dan Menang. Motto perjuangan ini memberikan arti bahwa untuk menang seluruh pengurus, kader, dan anggota Partai Nasdem di Indonesia harus bersatu, tidak terpecah pecah, tidak gontok gontokan, dan tidak ribut ribut saling berebut kekuasaan. Stabilitas Partai dan Persatuan Partai menjadi kata kunci (key word) bagi Partai Nasdem dalam berjuang merebut kemenangan. Jadi, sebut Amran, setelah kita bersatu padu barulah kita dapat berjuang sekuat tenaga untuk meraih kemenangan. “Menang adalah tujuan perjuangan”, ucap Amran.

            Semangat bersatu, berjuang, dan menang dari para kader, pengurus, dan anggota Partai Nasdem di seluruh wilayah Indonesia tampaknya membuahkan hasil yang optimal. Sampai saat ini, Partai Nasdem dikenal sebagai partai yang sangat stabil dan kondusif, partai yang mampu mempersatukan anggotanya dari perpecahan, dan partai yang minim masalah, baik masalah korupsi, masalah internal, maupun masalah masalah lainnya. Dengan stabilitas yang mumpuni inilah wajar saja jika Partai Nasdem optimis dapat memenangkan Pemilu Legislatif 2024 atau paling tidak menempati posisi 3 (tiga) besar nasional.

Pendapat Masyarakat

            Terkait dengan target yang dipatok oleh Partai Nasdem menjadi Pemenang Pemilu Legislatif 2024 termasuk di Kabupaten Batu Bara, Tim Liputan Tabloid Polmas Poldasu berupaya meminta tanggapan atau pendapat dari tokoh masyarakat. Pada Rabu (22/9), Tim Liputan Tabloid Polmas Poldasu berhasil menyambangi Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kabupaten Batu Bara Abdul Aziz, S.H. dikediamannya di Desa Tanah Merah Kecamatan Air Putih. Menjawab pertanyaan Wartawan Tabloid Polmas Poldasu, Aziz mengemukakan rasa optimisnya Partai Pimpinan Surya Paloh yaitu Partai Nasdem bakal bersinar pada Pemilu Legislatif 2024. Katanya, Partai Nasdem sangat berpeluang menang karena dikenal cukup kondusif selama ini, disamping itu Partai Nasdem adalah partai yang berwatak nasional dan demokrasi dengan mengedepankan prinsip objektifitas, profesionalisme, dan transparansi sehingga membuka peluang kepada siapa saja tanpa diskriminasi untuk berkarir dan menjadi politikus sukses di Partai Nasdem. Buktinya tegas Aziz, saat ini banyak elit politik dan elit pemerintahan rame rame masuk Partai Nasdem. Masuknya sejumlah tokoh dan elit politik ke Partai Nasdem tentu saja akan semakin mempertajam perjuangan menyongsong Pemilu 2024.

            Selain Abdul Aziz, S.H., tokoh masyarakat Kabupaten Batu Bara lainnya yang dimintai tanggapannya atas target Partai Nasdem pada Pemilu 2024 adalah Bapak Saniman, pensiunan ASN, penduduk yang tinggal di Kecamatan Sei Balai. Ditemui di Singapore Land Desa Perjuangan Kecamatan Sei Balai pada Kamis (23/7), Saniman menyatakan prediksinya bahwa pada Pemilu 2024 Partai Nasdem khususnya di Kabupaten Batu Bara akan meraih sukses besar. Menurutnya, di bawah komando Ketua Amran, S.H., Partai Nasdem Kabupaten Batu Bara kini tengah mempersiapkan program kerja yang pro rakyat sehingga rakyat akan simpati dan pada akhirnya akan menjatuhkan pilihan kepada Partai Nasdem. Program kerja yang pro rakyat itu ungkap Saniman adalah program penyuluhan dan pembelaan hukum kepada masyarakat, program pendidikan politik, program peningkatan ekonomi masyarakat, dan program kepedulian sosial.

Last modified on Monday, 27 September 2021 14:16
© 2021 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved