DPRD SUMATERA UTARA SOROTI DAS WAMPU DITANAMI KELAPA SAWIT

By AH September 27, 2021 170
Anggota DPRD Sumatera, Komisi A Anggota DPRD Sumatera, Komisi A

Anggota DPRD Sumut Rudi Alfahri Rangkuti, menyoroti maraknya tanaman kelapa sawit di Daerah Aliran Sungai Wampu dan sejumlah sungai lainnya di Langkat. Menurut anggota DPDRD SUMUT dari KOMISI A ini, Selasa (21/9), bahwa dirinya akan mengkomunikasikan terlebih dahulu persoalan tersebut dengan komisi DPRD Sumut lainnya. Sehingga nantinya, lanjut Rudi, persoalan ini dapat dibawa dalam rapat dengar pendapat (RDP) lintas komisi. 

Rudi Alfahri Rangkuti juga menyebutkan, DAS merupakan areal yang harus dijaga keasriannya, sehingga kerusakan lingkungan yang dapat menimbulkan bencana alam tidak terjadi.

“Yang namanya DAS tentunya tidak dibenarkan untuk ditanami kelapa sawit. Makanya persoalan ini akan saya komunikasikan dulu dengan komisi lain di DPRD Sumut,” tuturnya.

Dalam hal ini, sebut Rudi Alfahri Rangkuti, instansi terkait yang bertanggungjawab meliputi Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Sumut. “DLH berkaitan dengan lingkungan dan PMPTSP berkaitan dengan izin,” ungkapnya.

Rudi menegaskan, jika memang tanaman kelapa sawit di DAS itu tidak memiliki izin, maka sudah semestinya dibersihkan untuk dikembalikan sesuai dengan fungsinya.

“Kalau pun ada izin, ini patut kita pertanyakan. Karena DAS merupakan wilayah satu kesatuan dengan sungai untuk dijaga keasriannya,” pungkas Rudi.

Sebelumnya, Kepala DLH Sumut T Amri menegaskan, DAS tidak dapat dikelola. “DAS itu milik pemerintah dan harus dikelola oleh pemerintah demi menjaga keasriannya. Kalau memang DAS ditanami kelapa sawit, berarti sifatnya liar dan itu patut dipertanyakan” .

Last modified on Monday, 27 September 2021 15:27
© 2021 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved