Berkesan Diabaikan , Palang Pintu Rel Kereta Api Blok 8 Lima Puluh Kab. Batu Bara Rusak.

By RK November 10, 2021 163

Batu Bara (POLMAS)
Terpantau awak media PolmasPoldasu.com palang pintu rel kereta api, serta kantor penjaga kereta api tidak aktif dan rusak. padahal lintasan Kereta Api aktif setiap hari dilalui dikecamatan Lima Puluh kabupaten Batu Bara yang terletak di Blok Delapan, Rabu 10/11/2021. Pada titik perlintasan kereta api yang palang pintunya tidak berfungsi serta kantor (tidak ada petugas jaga) , warga diminta untuk lebih berhati-hati dan melihat situasi terlebih dahulu dari kedua arah, guna memastikan ada atau tidaknya kereta yang akan melintas.

 

Informasi yang didapat pers PolmasPoldasu.com melalui salah satu warga yang sekalian relawan yang menjaga palang pintu yang rusak mengatakan "Bangunan dan pembatas Kereta api dibangun sekitar tahun 2019, Dua bulan lebih kurang dari berdirinya kantor, palang pintusudah rusak dan tidak ada penjaga tugas rel, kami selaku warga yang hafal kapan kereta api  melintas yang mengatur atau memberitahukan kepada pengendara yang mau melintas. “ujar warga yang tidak mau disebut namanya.

"Jadi, kalau mau melintas di harapkan masyarakat untuk melihat ke kanan dan ke kiri itu wajib dilakukan saat akan melintas. Biasanya kecelakaan di perlintasan karena kurang waspadanya pengendara,” tutup warga. Dalam UU No 22 tahun 2009 Tentang LLAJ Pasal 114 disebutkan, pengemudi kendaraan wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi dan palang pintu KA sudah mulai ditutup. Selanjutnya, pengemudi kendaraan wajib mendahulukan kereta api yang akan lewat dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel.

Sesuai pasal 296 apabila melanggar maka ada ancaman pidananya, yakni kurungan selama 3 bulan atau denda maksimal Rp 750 ribu. Harapan masyarakat kepada PT Kereta Api hendaklah memperhatikan palang pintu yang rusak dan kantor yang tidak berfungsi sebelum jatuhnya korban. RK

© 2021 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved