Peningkatan ruas jalan depan kantor camat tanjung tiram di duga asal jadi.

By AMIN November 25, 2021 118

Batu Bara (POLMAS)

Peningkatan ruas jalan depan kantor camat Tanjung Tiram menuju puskesmas kec.Tanjung Tiram dgn anggaran Rp 499.938.400 yg di kerjakan oleh C.V ASIA NIAGA dengan alamat Jl imam Bonjol dsn x kel.indra Yaman kec.Talawi di duga asal jadi Dari pantauan beberapa awak media di lokasi pekerjaan terlihat pekerjaan yg baru sampai ke tahap pekerjaan sub base course (lapis pondasi bawah)terlihat agak janggal mulai dari jenis batu yg kurang sesuai,seharusnya berukuran satu sampai lima senti meter dan ketebalan yg hanya di bawah sepuluh sentimeter .

Senada dengan keterangan salah satu masyarakat yg tak ingin namanya disebut, "Dari pandangan kami sebagai masyarakat biasa ,timbunan sertu (pasir batu-red)memang sangat tipis bang ,tak sampai sepuluh senti "ungkapnya.(Rabu 24/11/2021) sepertimana yg termaktub dalam Perpres nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang /jasa Pemerintah ,pasal 1 ayat 1 yg berbunyi : Pengadaan barang/jasa Pemerintah yang selanjutnya di sebut pengadaan barang/jasa adalah kementrian/lembaga/perangkat daerah yang di biayai oleh APBN/APBD yang prosesnya sejak identifikasi kebutuhan,sampai dengan serah terima hasil pekerjaan.

 

Maka ada indikasi korupsi sepertimana yg di maksud dalam  UU No. 31/1999 jo. UU No.20/2001 ialah merugikan keuangan negara, suap menyuap, penggelapan dalam jabatan, pemerasan, perbuatan curang, benturan kepentingan dalam pengadaan, dan gratifikasi.

 Tentulah ada pidana di dalam , Adapun isi salah satu pasal yang ada di dalam Undang-Undang KUHP No.31 Tahun 1999 tentang hukuman yang layak diberikan kepada para koruptor, berikut merupakan bunyinya :

 (1) Setiap orang yang secara melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara, dipidana penjara dengan penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp. 200.000.000,00 dan paling banyak Rp. 1.000.000.000,00. Namun sayang awak media yg notebene berhak mengawasi sekaligus sebagai kontrol sosial tidak mendapatkan hak nya saat berhadapan dengan dinas PUPR pasalnya dua hari berturut-turut para awak

media ingin mengkonfirmasi tentang dugaan konstruksi asal jadi tersebut yakni peningkatan ruas jalan depan kantor Camat Talawi batu bara tidak ada satupun pegawai yg dapat di temui mulai dari Kadis ,PPK sampai Kabag umum nya...hanya mendapatkan jawaban dari salah satu pegawai tak ada orang pak, Padahal sudah menjadi kesepakatan bersama bahwa tindakan korupsi merupakan tindakan yang sangat merugikan negara. Korupsi mengakibatkan melambatnya pertumbuhan ekonomi negara, menurunnya investasi, meningkatnya kemiskinan serta meningkatnya ketimpangan pendapatan. Korupsi juga dapat menurunkan tingkat kebahagiaan masyarakat di suatu negara.  Awak media berharap dengan temuan awal indikasi asal jadi pada proyek tersebut diatas   APH yg ada di kabupaten Batu Bara segera turun tangan. (Amin)

© 2021 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved