Sempat Kesasar di Sungai Kualuh, Lumba-lumba Putih Sukses Dilepas di Muara Sungai Tanjung Balai

By February 02, 2019 11
Medan (POLMAS) - Tim gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi lumba-lumba muda yang kesasar ke Sungai Kualuh, Labuhanbatu Utara, Kamis (31/1/2019). 
 
Demikian konfirmasi Amang, Staf Jakarta Animal Aid Network (JAAN), kepada wartawan. 
 
"Tim berhasil evakuasi lumba-lumba (12-15 tahun) sekitar pukul 18.00 Wib dengan selamat,” ujarnya, Jumat (1/2/2019). 
 
Selanjutnya, tim gabungan membawa lumba-lumba melalui jalur darat untuk langsung dilepasliarkan kembali di muara sungai Tanjung Balai, Jumat (1/2/2019) dinihari sekira pukul 00.00 Wib. 
 
Sebelum dilepas, petugas mengobati luka-luka yang terdapat di punggung lumba-lumba. Diduga, luka itu akibat tabrakan mamalia laut tersebut dengan benda keras. 
 
Sebelumnya, induk lumba-lumba yang diperkirakan berusia 35-40 tahun yang kesasar dengan lumba-lumba muda itu sudah lebih dulu mati. Terdapat luka seperti remuk di bagian lubang pernafasan, yang merupakan sistem navigasi hewan cerdas itu. 
 
Kerusakan sistem navigasi itu diduga membuat kedua lumba-lumba akhirnya tersesat hingga ratusan kilometer dari muara sungai. 
 
Sekedar informasi, penempakan dua ekor lumba-lumba putih di Sungai Kualuh di Dusun Ramean II, Desa Kuala Beringin, Kecamatan Kualuh Hulu, Labuhanbatu Utara terlihat oleh warga pada Minggu (27/1). 
 
Video penampakan lumba-lumba tersebut pun sempat viral di media sosial. (Red)
 
 
© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo