RF

 
Lima Puluh (Polmas Poldasu) - Polres Batu Bara melaksanakan kegiatan bakti sosial dan jum'at Barokah 22 November 2019 pukul 08 : 50 wib bertempat di Masjid An Nur Desa Sipare pare Kecamatan. Air Putih. Kabupaten Batu Bara.
 
Adapun pelaksanaan kegiatan ke agamaan yang gelar Polres Batu Bara, merupakan sebentuk rasa persatuan dan kesatuan antara Polri dan masyarakat, tanpa memandang sisi perbedaan kehidupan.
 
Di gelarnya kegiatan keagamaan tersebut, dibawah asuhan Kapolres Batu Bara. AKBP.R.Simatupang.SH.M.Hum. Di hadiri juga oleh. 
Kabag Sumda AKP. Ahmad Yani.
Kasat Lantas AKP. Suprihanto.P.
Kasat Intelkam. AKP. Trio Rommy.Manik. SH
Kasat Binmas AKP. Rita Santhi.
Kapolsek Indrapura AKP. Mita Natasya.SH.SIK.
PJS Desa Sipare Pare Nurhayati. 
Pengurus BKM Masjid An Nur. Bibit Hermanto.
Personil Polres Batu Bara.
Masyarakat Desa Sipare Pare. Kecamatan. Air Putih Kabupaten Batu Bara.
 
Dalam pelaksanaan kegiatan bakti sosial dan jum'at barokah tersebut, Kapolres Batu Bara AKBP.R.Simatupang.SH.M.Hum. juga menyampaikan bimbingan dan arahannya.
 
"Puji syukur yang tidak terhingga saya sampaikan kepada Tuhan yang Maha Esa, yang mana pada hari ini kita telah di berikan kesehatan dan keselamatan sehingga kita dapat bersama sama  melaksanakan kegiatan Bakti sosial dan Jumat Barokah di Mesjid An Nur Desa Sipare Pare ini"
 
"Terimakasih juga saya sampaikan kepada Saudara - saudara sekalian yang  telah menerima kami, memberikan ijin sejaligus menyediakan tempat sehingga kami dapat melaksanakan Program Kemitraan Polri dan Masyarakat."
 
"Disini perlu saya sampaikan juga, terkait dengan adanya program bapak Presiden, RI. Yakni untuk menciptakan SDM yang lebih unggul, dimulai dari Mesjid An Nur ini yang nantinya akan merambah ke Desa - Desa lainnya, dari Desa Sipare pare ini merupakan langkah awal, agar seluruh masyarakat dapat menciptakan SDM unggul yang dapat mendongkrak kemajuan juga dapat meningkatkan per ekonomi Masyarakat khususnya  Desa Sipare pare dan Kabupaten Batu Bara pada Umumnya, sama - sama telah kita ketahui Kabupaten Batu Bara merupakan Daerah Proyek Strategis Nasional."
 
Terjadinya tindakan Teror di Polrestabes Medan, tentunya tidak terlepas dari perhatian kita semua agar bersatu untuk menghalau tindakan teror tersebut, jangan sampai di Kabupaten Batu Bara yang kita cintai ini, ada paham radikal yang ingin menggoyahkan Pancasila.
 
Saya menghimbau, kepada seluruh masyarakat yang memiliki pengtahuan lebih, agar bersediah memberikan masukan pada generasi muda untuk bersama sama mengawasi Kabupaten Batu Bara terhadap kegiatan yang menyimpang dan mengarah pada Radikalisme. Ingatkan mereka agar tidak terjerumus kejalan yang menyesatkan. Ciptakan Negara kita ini menjadi Aman dan Nyaman agar Investor berlomba untuk memasuki Negara kita untuk berinvestasi yang tentunya memiliki dampak pada kemajuan per ekonomian masyarakat.
 
Saya sangat merasa bangga masyarakat diKabupaten Batu Bara sangat luar biasa sehingga Kamtibmas dalam kategori Baik dan kondusif di Kabupaten Batu Bara yang tercinta ini.
 
Ucapkan terima kasih tentunya saya sampaikan kepada seluruh masyarakat bahwasanya, dalam pelaksanaan Pilkades kemarin sebanyak 109 Desa se Kabupaten Batu Bara dapat berjalan dengan sangat baik, aman, damai dan Kondusif.( Bimbing Kapolres)
 
Selanjutnya Kapolres Batu Bara AKBP.R.Simatupang.SH.M.Hum juga melaksanakan pemberian tali asih kepada para lansia dan masyarakat berupa penyerahan bantuan. Operasional Masjid senilai Rp. 2.000.000,-  diberikan melalui pengurus BKM Masjid An Nur. Desa Sipare pare. 
 
Apresiasi masyarakat atas kegiatan yang di gelar Polres Batu Bara. Kami kagum atas jiwa kemasyarakatan yang di miliki bapak Kapolres Batu Bara AKBP.R.Simatupang.SH.M.Hum. Yang mampu mengayomi masyarakat tanpa pandang Ras dan sisi kehidupan. ( Ucap Masyarakat)
 
(R. Hutagaol)
 
Lima Puluh (Polmas Poldasu) - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak se Kabupaten Batu Bara 14 November 2019 merupakan Pesta Demokrasi tingkat Desa.
 
Harapan masyarakat dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa hendaknya dilaksanakan sebersih mungkin. Namun Berbeda dengan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Suko Rejo yang dinilai masyarakat sarat dengan bentuk kecurangan yang di lakukan oleh pihak Panitia penyelenggara.
 
Terjadinya bentuk kecurangan sangat jelas terlihat di Desa Suko Rejo Kecamatan.Sei Balai Kabupaten Batu Bara Antara lain : 
 
Warga yang tidak pulang merantau pada saat PilKades ada tercatat dalam daftar hadir pencoblosan diantaranya : Firman - Suhardi dan Misno, masing - masing warga dusun III / IV Desa Suko Rejo Bila di koreksi tentunya ketiga warga tersebut tidak dapat memberikan hak pilihnya namun ada tercatat dlm daftar hadir pencoblosan. Hal tersebut tidak dapat di benarkan walau ketiga warga yang merantau tersebut memberikan hak pilihnya diwakili malaikat atau mahluk halus yang ada di Desa tersebut.
 
Tidak sedikit masyarakat mencibir kecurangan yang terjadi karena kekuasaan Panitia panyeleggara Hardi Gunawan, warga dusun IV Desa Suko Rejo. Kecamatan Sei Balai. Kabupaten Batu Bara yang jelas berpihak kepada salah satu kandidat Kepala Desa yang dijagokannya, yakni Kepala Desa Incumbend yang hanya unggul tiga suara.
 
Yang lebih ironisnya, saat kotak suara di buka dan di tuang serta langsung di bacakan tanpa di perlihatkan kepada saksi - saksi PilKades. Pada saat itu para saksi tercengang dan bingung apakah peraturan Pilkades sudah di ubah menjadi kekuasaan penuh panitia penyelenggara ? sehingga bisa berbuat seenak perutnya sendiri dengan tujuan untuk memenangkan salah satu Kandidat yang di dijagokannya. Dimana sebenarnya letak keterbukaan serta kejujuran pihak panitia ? sesungguhnya pinitia tidak dibenarkan untuk melakukan pemihakan kepada kandidat calon Kepala Desa. 
 
Alasan masyarakat meminta kepada Bupati Batu Bara untuk membatalkan Pilkades di Desa Suko Rejo karena memiliki alasan kuat ada bentuk kecurangan di dalam nya, hal tersebut di ketahui oleh para saksi PilKades.
 
Bagaimana masyarakat bisa terima melihat perlakuan Panitia penyelenggara saat melakukan penghitungan kertas suara. Saat itu para saksi Abdilah Hadi Aritonang - Sukardi - M.Juliadi.Hsb - Suwardi dan Kusman, masing-masing dari dusun IV - I - V - V dan V Desa Suko Rejo Kecamatan. Sei Balai Kabupaten.Batu Bara  melihat ke anehan yang terjadi bahwasanya kertas suara di coblos menggunakan jarum peniti, sementara di kotak pencoblosan sudah ada di persiapkan alat yang syah untuk mencoblos. Diketahui juga oleh para saksi atas dasar itulah panitia menyembunyikan dan tidak berani memperlihatkan kertas suara kepada saksi dan masyarakat.
 
Seketika masyarakat melakukan protes dan diketahui oleh salah satu Dinas di Kabupaten Batu Bara yang memiliki kewenangan dalam penanganan PilKades. Masyarakat hanya menunggu kebijakan dari Dinas tersebut atau keputusan dari Bupati Kabupaten Batu Bara. Bila tindakan kecurangan tersebut tidak ditindak lanjuti sesuai dengan harapan masyarakat, hendaknya pihak pemerintah Kabupaten dan pihak Pemerintah Desa jangan pernah menyalahkan masyarakat bila nantinya Masyarakat  melakukan pembangkangan terhadap peraturan Desa yang di pimpin oleh Kepala Desa yang menang diatas kecurangan. (Tandas Mayarakat tegas)
 
(R. Hutagaol)
Lima Puluh (Polmas Poldasu) - Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan peringatan hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW, di Indonesia perayaannya jatuh pada tanggal 12 rabiul awal dalam penanggalan Hijriah.
Kata Maulid atau Milad dalam bahasa arab adalah Hari kelahiran. Perayaan Maulid Nabi SAW merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat, secara Substansi peringatan ini merupakan ekspresi kegembiraan dan penghormatan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW.
 
Pelaksanaan kegiatan yang di gelar Polres Batu Bara merupakan bentuk perayaan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah. 20 November 2019 pukul 08 : 15 wib, bertempat di Aula Bhayangkari Polres Batu Bara, sebagai bentuk perwujudan Polri yang memiliki prestasi serta inovatif.
Maulid Nabi SAW yang digelar oleh Polres Batu Bara, dihadiri juga :
Kapolres Batu Bara AKBP.R.Simatupang.SH.M.Hum. 
Kepala BNN Kabupaten. Batu Bara  AKBP. Zainuddin Puteh.
Wakapolres Batu Bara Kompol.H.Herwansyah Putra.SH.M.Si
Penceramah Ustad Nurul Ikhsan.Sitorus.MA
Kasi Pemberantasan BNNK Batu Bara. Kompol Hendra.
Kakan Kemenag Kabupaten.Batu Bara (wakil) Agus Salim.
Para Kabag - Kasat - Kapolsek sejajaran Polres Batu Bara.
Para Kasubbag. Kanit - Kasie - Perwira - Bintara - ASN dan PHL sejajaran Polres Batu Bara
Para Pengurus dan Anggota Bhayangkari Cabang Polres Batu Bara.
 
Pelaksanaan kegiatan Maulid Nabi SAW 1441 Hijriah yang di gelar tersebut Kapolres Batu Bara. AKBP.R.Simatupang.SH.M.Hum, dalam sambutanya menyampaikan :
 
Saya sangat berterima kasih kepada  para tamu yang telah hadir untuk memenuhi undangan saya ke Polres Batu Bara ini dalam rangka Maulid Nabi SAW 1441 Hijriah. Dengan Mentauladani Ahlak dan Kepemimpinan Nabi Besar Muhammad SAW mari kita wujudkan Polri yang Promoter - Berperestasi dan Inovatif.
 
Saya berharap agar kegiatan untuk  memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1441 Hijriah ini dapat  membawa kita semua dalam kebaikan dengan harapan semoga kehidupan kita selalu berada dalam Ridhonya Allah SWT.
 
Kita harus menyadari tanpa ada keberkatan yang di berikan Allah kepada kita semua tentunya kita akan kesulitan bahkan tidak bisa seperti sekarang ini. Dalam hal ini saya pribadi menilai perbedaan Agama yang di Anut bukan penghalang untuk berbuat kebajikan. Walau ada perbedaan Agama yang di anut namum di hadapan Allah atau Tuhan yang maha Esa kita semua sama. Kita tidak boleh saling membenci atau mencekal Agama yang satu dengan Agama yang lainya, wujudkan dan jalin tali persaudaraan. Kita tau bahwasanya kerukunan umat ber agama itu sangat indah. Mari kita tauladani sifat yang dimiliki Nabi Besar Muhammad SAW agar kita semua selalu berada dalam kerukunan yang abadi.( Ucap Kapolres)
 
Dipenghujung Pelaksanaan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah dilanjutkan juga dengan pemberian santunan kepada Anak Yatim Piatu, serta disambung dengan tausiah yang disampaikan oleh Ustad Nurul Ikhsan.Sitorus.MA tentang sifat Nabi Muhammad SAW, dengan harapan agar dapat di tauladani dalam kehidupan sehari - hari.
 
Tanamkan dalam diri kita ke Imanan dan ketaqwaan serta rajin ber amal insya Allah kita akan selamat dunia dan akhirat (tausiah ustad dilanjutkan)
 
(R. Hutagaol)

Pangururan,Samosir 15/11/2019 (Polmas Poldasu) - Bupati Samosir, diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Rikardo Hutajulu, membuka Pemberdayaan Komunitas Masyarakat dalam Pariwisata Kawasan Danau Toba di Hotel JTS Parbaba, Jumat (15/11/2019).

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama antara IT Del dan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Komunikasi (BAKTI) Kementerian Kominfo. Dalam sambutannya, Rikardo Hutajulu menyampaikan Kawasan Danau Toba merupakan tambang emas pariwisata yang belum dieksplorasi secara optimal.

Ketua panitia, Armando Marulitua Sinaga, menyampaikan kegiatan ini diikuti lebih kurang 80 orang yang terdiri dari unsur Dinas Kominfo Kawasan Danau Toba, para kepala SKPD Pemkab Samosir, narasumber, mahasiswa dan dosen IT Del, jurnalis, dan pelaku wisata serta seni budaya.

Area manager Traveloka, Eko Cahyono Wibowo, memaparkan ada 12 layanan di Traveloka yang mendukung pariwisata Kawasan Danau Toba. Dia juga menekankan eksplorasi yang optimal untuk Kawasan Danau Toba dalam pemasaran pariwisata. “Dari segi jalan masuk, pariwisata Kawasan Danau Toba telah menunjukkan growth (pertumbuhan) yang cepat dengan indikator tiket yang cepat habis untuk tujuan Bandara Silangit,” sambil menceritakan pengalamannya dalam perjalanan ke Samosir mengikuti acara ini. Dia juga menyampaikan kesiapan Traveloka untuk melaksanakan kerja sama dengan dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di Kawasan Danau Toba untuk mengembangkan pariwisatanya lewat pemasaran secara digital.

Paparan lain tentang fotografi, Tigor Edward Siahaan, menyatakan Kawasan Danau Toba memiliki kekayaan eksplorasi wisata fotografi alam, manusia, sejarah, budaya, dan aktivitas keseharian. “Kebersihan adalah dasar utama dalam mengeksplorasi gambar kehidupan kawasan adalah kebersihan, keasrian, dan keramahan,”seraya menjelaskan esensi fotografi dalam publikasi pariwisata yang dapat menarik pengunjung ke tujuan-tujuan wisata. Eksplorasi gambar ini memiliki daya jual yang tinggi jika dikelola dengan baik dan profesional.

IT Del juga tidak ketinggalan dalam memberhasilkan pemberdayaan komunitas masyarakat di Kawasan Danau Toba. Ricky Purba, menjelaskan visi Del FM dengan tagline “Conneting you to Tobasa”. Secara sederhana dia menjelaskan bahwa Del FM berfokus pada edukasi dan pariwisata untuk seluruh warga Kawasan Danau Toba dalam rentang jarak siar 40 kilometer. Dalam waktu dekat, Del FM juga akan melakukan lomba Vlog tentang Seni dan Budaya di Kawasan Danau Toba. Pada sesi tanya jawab, Ricky juga menegaskan bahwa Del FM siap menjalin kerja sama dengan komunitas masyarakat untuk mempublikasi situs-situs dan kegiatan seni budaya.

Utusan dari Dinas Kominfo Kawasan Danau Toba juga memberikan masukan-masukan yang konstruktif untuk pemberdayaan komunitas masyarakat dalam mengoptimalisasi pariwisata yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Rohani Bakara, Kepala Dinas Kominfo Samosir, memaparkan proses realisasi KSPN dalam Integrated Tourism Master Plan (ITMP) Kabupaten Samosir yang memiliki dua Key Tourism Area (KTA) yaitu Simanindo dan Pangururan. Ranperda Rencana Induk Pariwisata Daerah (RIPARDA) Kabupaten Samosir sedang disusun dan diharapkan akan disahkan pada tahun 2020. Dia juga mengharapkan agar BAKTI dapat memberikan pengadaan wifi gratis di situs-situs wisata dan budaya sebagai nilai tambah pariwisata Samosir. Samosir bangkit, mandiri, dan sejahtera

Roganda Sianturi.
Polmas-Poldasu
Taput/humbahas.

LANGKAT (Polmas Poldasu) - Bersama ribuan jemaah dari berbagai daerah di Indonesia, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyalatkan dan menghantarkan jenazah Almarhum Tuan Guru Besilam Babussalam Syekh H Hasyim Al- Syarwani ke pemakaman di Kompleks Nosah Pesantren Babussalam, Padangtualang, Langkat, Minggu (17/11).

Sebelum disalatkan, Gubernur Edy Rahmayadi duduk di samping jenazah dan keluarga. Sambil mengangkat tangan, Gubernur pun memanjatkan doa. Diberi kesempatan untuk menyampaikan ungkapan belasungkawa, Edy Rahmayadi mengutip sebuah ayat Alquran, Surah Al A'raaf ayat 34.

"Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu; maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya," ucap Edy di hadapan ribuan jemaah.

Gubernur juga mengungkapkan kesedihan mendalam yang ia rasakan, ditinggalkan oleh sosok Tuan Guru kharismatik, sosok ayah, sosok guru bagi semua umat muslim. "Siapa yang tidak sedih, sosok seorang ayah, seorang guru telah meninggalkan kita. Kita semua bersedih, namun ilmu yang sudah diberikan Almarhum hendaknya senantiasa kita ingat dan amalkan di dunia ini, di mana tujuannya untuk kebaikan seluruh umat," tambah Edy mengingatkan.

Menutup ucapan dan sambutannya, Gubernur mengajak ribuan hadirin untuk melafazkan surah Al Fatihah sebagai doa kepada Almarhum Tuan Guru Besilam Babussalam Syekh H Hasyim Al-Syarwani. Selanjutnya, bersama ribuan jamaah, Gubernur turut menyalatkan jenazah dengan penuh khusyuk.

Bergabung dengan ribuan jemaah, Edy pun turut mengantarkan jenazah ke pemakaman di area yang tak jauh dari pesantren. Lantunan kalimatullah pun menggema mengiringi jenazah ke tempat pemakaman.

Sebelumnya, anak Tuan Guru Besilam Babussalam M Zamroni saat ditemui dirumah duka mengatakan jika selama ini Tuan Guru Besilam Babussalam Syekh H Hasyim Al-Syarwani memang memiliki riwayat penyakit jantung. Namun, penyakit tersebut tidak pernah dikeluhkan oleh Almarhum.

"Kami sempat jalan-jalan ke Jakarta, di sana kami bertemu Dahlan Iskan. Kemudian, kita sempat ke salah satu rumah sakit dan saat itu dokter mendiagnosa jika beliau mengidap penyakit jantung," ucap M. Zamroni.

Diketahui, Tuan Guru Syekh H Hasyim Al-Syarwani adalah pimpinan Pondok Pesantren Tuan Guru Babussalam, tarekat Naqsabandiyah terbesar di Asia Tenggara yang berpusat di Besilam, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Beliau tutup usia pada usia 82 tahun, di Rumah Sakit Colombia Medan, Sabtu (16/11), sekitar pukul 11.30 WIB.

Turut hadir pada pemakaman Tuan Guru Besilam Babussalam Syekh H Al-Syarwani yakni Sekdaprov Sumut R Sabrina, Ketua MUI Sumut H Abdullah Syah, Plt Walikota Medan Akhyar Nasution, Wakil Bupati Langkat Syah Afandin, Sekda Langkat Indra Salahudin, unsur Forkopimda dan OPD Pemprov Sumut, anggota DPRD dan OPD Langkat, tokoh agama, ribuan warga dan jemaah tarekat Naqsabandiyah(KP)
FOTO

Bersama ribuan jemaah dari berbagai daerah di Indonesia, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyalatkan dan menghantarkan jenazah Almarhum Tuan Guru Besilam Babussalam Syekh H Hasyim Al-Syarwani ke pemakaman di Kompleks Nosah Pesantren Babussalam, Padangtualang, Langkat, Minggu (17/11).
 

Medan (Polmas Poldasu) - Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan Kota Medan menggelar Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Lalu Lintas untuk masyarakat Kota Medan di Hotel Madani, Sabtu (16/11). Sosialisasi ini diadakan untuk menjadikan aparatur perhubungan, masyarakat dan mitra kerja dapat memahami, menaati serta menerapkan aturan hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku sehingga dapat meningkatkan kinerja baik bagi aparatur negara, orang perorangan maupun sebagai warga masyarakat.

Sosialisasi yang dibuka Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution Msi diwakili Kadis Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis ditandai dengan penyerahan seritifikat kepada 2 orang perwakilan peserta.

Dalam sambutan Plt Wali Kota yang dibacakan Kadis Perhubungan mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sudah dilakukan di sekolah-sekolah yang ada di Kota Medan karena menganggap para pelajar merupakan generasi bangsa dan kedepannya akan menjadi pengguna.

“Ilmu yang kita dapatkan dalam sosialisasi ini dapat kita tularkan dan kita bagikan baik itu keluarga, teman, sahabat  maupun orang diluar sana yang kita temui. Kita juga dapat mengajak mereka agar sama-sama menaati dan mematuhi peraturan lalu lintas karna jika kita tidak menaati peraturan lalu lintas hal tersebut dapat merugikan banyak orang,” kata Kadis Perhubungan.

Kemudian Iswar mengungkapkan, masalah ketertiban berlalu lintas di jalan raya menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya pihak aparat tetapi juga seluruh pengguna jalan seluruh pengguna jalan memiliki kewajiban untuk mentaati peraturan berlalu lintas. Hal seperti ini setidaknya mengurangi tingginya angka kecelakaan di jalan raya, banyak lagi peraturan-peraturan di jalan raya yang seharusnya dipatuhi.

“Sudah sepantasnya kita sebagai pengguna jalan harus mematuhi peraturan yang ada yaitu dengan tidak menerobos lampu merah menggunakan helm setiapberkendaraan roda dua dan juga setiap pengendara seharusnya memiliki surat pengendara yang lengkap sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkap Iswar.

Disamping itu, Iswar juga menjelaskan, etika berlalu lintas sangat penting dilakukan, untuk itu Dinas Perhubungan selalu melakukan edukasi-edukasi baik kepada pelajar maupun kepada masyarakat. Pasalnya, jalan merupakan milik publik dimana seluruh pengendara memiliki hak yang sama, jadi bagaimana semua pengendara menyadari hal tersebut.

“Jangan hanya mementingkan ego masing-masing ada hak pengguna jalan lainnya yang terganggu. Saya ingin menerapkan transportasi yang berkeadilan maka dari itu hari ini kami melakukan sosialisasi ini sebagai bentuk upaya dalam menaati peraturan yang ada,” jelasnya.

Sebelumnya Ketua Panitia, Richard mengungkapkan bahwa sosialisasi ini diikuti sebanyak 100 orang peserta yang terdiri dari beberapa komunikasi mobil maupun komunitas motor yang ada di Kota Medan.

“Agar sosialisasi ini berjalan dengan lancar Dinas Perhubungan Kota Medan menghadirkan sejumlah narasumber yang nantinya akan memaparkan mengenai peraturan perundang-undangan lalu Lintas dari Satlantas Polrestabes Medan, Dinas Perhubungan Kota Medan dan Jasa Raharja,” sebut Richard.(Kp)

Simalungun (Polmas Poldasu) - PT. BPR Syariah Al-Yaqin (Bank Al-Yaqin) Yang beralamat di Jalan Sudirman. Kel. Pedagangan III. Kec. Bandar. Kab. Simalungun mangkir saat Rapat Dengar Pendapat oleh Komisi IV DPRD Kabupaten Simalungun (17/11/2019)

Dalam pemberitaan sebelumnya PT. BPR Syariah Al-Yaqin telah memberhentikan secara  sepihak 7 orang pegawainya. Namun dalam pemberhentian tersebut PT. BPR Syariah Al-Yaqin telah melakukan banyak pelanggaran dan ti dak sesuai dengan prosedur dan tidak memberi pesangon kepada pegawai sesuai dengan ketentuan perundang-undangan Ketenaga Kerjaan yang tertuang dalam Undang-Undang No.13 Tahun 2003 khususnya pasal 156 ayat (1)-(4). 
 
Buntut dari pemberhentian tersebut. pegawai merasa dirugikan dan  mengadukan permasalahan ini pada tanggal 23 Oktober 2019 kepada  Komisi IV DPRD Kab. Simalungun dan Dinas Ketenaga Kerjaan Kab. Simalungun. Dan langsung  mendapat respon positif dari Komisi IV DPRD Kab. Simalungun.
 
Selanjutnya pada tanggal 11 Nopember 2019 Komisi IV DPRD Kab. Simalungun melakukan pemanggilan kepada PT. BPR Syariah Al-Yaqin dan juga Dinas Ketenaga Kerjaan Kab. Simalungun untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat tentang permasalahan tersebut.
 
Rabu pada tanggal 13 Nopember 2019 sekira pukul 10.00 Wib Rapat Dengar Pendapat di gelar di ruang Pokja IV DPRD Kab. Simalungun.  Rapat Dengar Pendapat dihadiri oleh Ketua. anggota DPRD Kab. Simalungun. Dinas Ketenaga Kerjaan Kabupaten Simalungun. Dan tak satupun pihak PT. BPR Syariah Al-Yaqin menghadiri pemanggilan tersebut.
 
Dalam Rapat Dengar Pendapat tersebut Pokja Komisi IV DPRD Kab. Simalungun meminta pihak Dinas Ketenaga Kerjaan menyelesaikan permasalahan pemberhentian sepihak yang dilakukan PT. BPR Syariah Al-Yaqin serta memberikan hak-hak pegawai sesuai dengan ketentuan perundang-undangan ketenaga kerjaan yang berlaku. 
 
Hendra Sukmana Sinaga. S.Kom menyampaikan kekecewaannya kepada pihak PT. BPR Syariah Al-Yaqin karena tidak hadir dalam Rapot Dengar Pendapat tersebut. 
 
Ke depan kita juga berharap kepada disnaker agar pengawasan dan sosial control lebih intenslah agar perusahaan ini tertib dan tidak ada yg dirugikan,  baik perusahaan maupun pekerja. Pembinaan maupun audit2 dilakukan , masyarakat juga butuh kerja. dimana juga kita tau perekonomian global juga memang sedang menurun kalaupun ada pengurangan pekerja terkadang kita maklum dgn kondisi perekonomian global ini yg menurun, tapi itupun perusahaan juga harus adalah toleransinya atas hak hak pekerja yg sudah di atur dalam undang2. tambahnya.
 
Disisi lain pada tanggal 12 Nopember 2019 melalui Surat No.092/BPRS YQ/XI/2019  PT. BPR Syariah Al-Yaqin melakukan pembatalan Surat Keputusan Pemberhentian Sepihaknya dan memanggil kembali ke 7 orang pegawai yang diberhentikan tersebut. Dan selanjutnya memberikan surat permohonan maaf  kepada Komisi IV DPRD Kab. Simalungun atas ketidak hadiran mereka.
 
 
Dalam hal ini Pengurus LSM DPD Lira Kab. Simalungun Mhd. Aliaman H.Sinaga angkat bicara" Seharusnya pihak PT. BPR Syariah Al-Yaqin itu lebih hati-hati dalam mengeluarkan keputusan. Sebelumnya ada juga pegawai yang diberhentikan hanya diberikan beberapa bulan pesangon saja dan merasa dirugikan ia melapor sampai sekarang masih proses kasasi. Nah seharusnya kejadian ini sudah menjadi pembelajaran.  Untuk itu jangan seenaknya memberhentikan pegawai tanpa ada pesangon lalu sekarang ini karena sudah terpojok/kejepit memanggil kembali ke 7 pegawainya yang sudah diberhentikan sepihak itu. hal ini ibarat kata pepatah sudah meludah dijilat kembali.ucapnya.
 
lebih lanjut Mhd. Aliaman H. Sinaga menambahkan" pemanggilan kembali bekerja  ini diduga nantinya akan menjadi bahan PT. BPR Syariah Al-Yaqin untuk mencari kesalahan pegawai tersebut. Hal ini biasa dilakukan perusahaan yang menganggapnya sebagai scorsing kepada pegawai karena pegawai mangkir dan apabila mangkir dianggap mengundurkan diri. 
 
PT. BPR Syariah Al-Yaqin itu adalah Perusahaan yang berbasis syariah ataupun identik dengan keagamaan namun "oknum" didalamnya tidak mencerminkan hal tersebut. lalu saya menilai management yang mengelolapun sangat amburadul dan sangat tidak menghargai  DPRD Kabupaten Simalungun  yang sudah memanggilnya. tutupnya.
 
(Redaksi/Tim)

Medan ( Polmas Poldasu) - Teladan dan semangat Rasulullah Muhammad SAW diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam menjalankan tugas dan fungsi selaku pamong ditengah-tengah masyarakat Kota Medan.

Demikian disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan M Sofyan saat menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Gedung Gelanggang Remaja Jalan Sutomo, Medan, Jumat (15/11)kemarin . Acara yang mengusung tema Mari Kita Meneladani Pribadi Rasulullah Muhammad SAW Guna Meningkatkan Iman dan Taqwa Mewujudkan Medan Rumah Kita ini diikuti ratusan personil Pol PP Kota Medan.

Dikatakan Kasat Pol PP, keteladanan Rasulullah ini dapat dirasakan dengan keteguhan dan kerja keras beliau dalam menjalani tugas kerasulannya. Tugas yang diberikan kepada merupakan amanah tentu harus dilaksanakan dengan ikhlas. "Kita wajib bercermin pada sifat Rasulullah. Walaupun tak mampu mengamalkan semuanya tapi setidaknya kita bisa memperbaiki kepribadian agar Satpol PP bisa dihormati," kata Sofyan.

Karenanya, setiap personil tidak boleh hanya mementingkan kepentingan pribadi masing-masing. Rasa persaudaraan dijajaran Satpol PP tetap harus dijaga. Jika ada yang salah, maka yang lainnya wajib mengingatkan

"Dalam konteks tugas Satpol PP harus selalu memupuk kebersamaan, rasa senasib. Mungkin ada hal-hal seperti kemalangan semua harus saling membantu. Satu sakit, maka sakit semua. Tujuan peringatan Maulid ini agar kita semua khususnya Satpol PP Kota Medan dapat mengurangi hal-hal buruk yang sudah terjadi," papar Kasat Pol PP di depan ratusan personilnya.

Senada dengan Kasat, Al ustadz Sangkot Saragih juga menyampaikan ceramahnya mengenai Nabi Muhammad sebagai tuntunan teladan bagi seluruh umat muslim di dunia. Sebelumnya, Al ustadz Sangkot Saragih terlebih dulu mengajak untuk mengucapkan syukur kepada Allah karena diberi kesehatan dan hidayah sehingga dapat berkumpul di acara yang sangat mulai ini.

“Dengan acara Maulid Nabi Muhammad SAW kita tentunya mendapatkan nikmat serta kebaikan yang bertambah didalam hidup ini. Gaya cara yang semacam ini masih menjadi Character building yang terintegrasi didalam perilaku kita. Asalkan nikmat yang diperoleh bertambah maka kebaikan juga harus ikut bertambah pula,” ucap Al ustadz Sangkot Saragih.

Selain itu, Al ustadz juga mengungkapkan, sepanjang melakukan aktivitas, tugas, dan usaha, maka keberkahan akan selalu didapatkan. Yang namanya bekerja keras penting dari kehidupan sama wajibnya dengan yang namanya shalat dan bekerja dengan sungguh-sungguh.

“Tadi diawal sambutannya, Kasatpol PP  telah menyampaikan agar kita semua dapat menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan bagi kita semua. Tujuan Nabi Muhammad dilahirkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam,” ungkapnya.(KP)

Pematangsiantar, (POLMAS POLDASU) Warga Kelurahan Dwikora Kecamatan Siantar Barat Kotamadya Pematangsiantar resah dengan maraknya judi gelper di Pematangsiantar yang seolah-olah kebal hukum dan tak tersentuh tangan Aparat Penegak Hukum (APH)

Seperti judi gelper yang praktek perjudiannya ada di pergudangan PJKA walaupun secara terang-terangan membuka praktek perjudian terasa adem ayem tanpa takut  ditangkap pihak kepolisian.

Pemerintah secara tegas telah melarang Tindak pidana perjudian  yang telah di atur dalam Kitab Undang Undang hukum Pidana pasal 303 KUHP Dan UU No 11 tahun 2008 pasal 27 UU ITE.

Saat tim Tab. Polmas Poldasu akan melakukan konfirmasi kepada Kasatreskrim Polres Pematangsiantar Iptu. Nur Istiono, SIK, Kasatreskrim yang baru dilantik kurang lebih tiga bulan tersebut enggan menemui tim awak media, padahal telah berjanji dihari sebelumnya untuk berjumpa di kantornya, malah mengarahkan ke KBO yang pada saat itu menghadiri undangan maulid Nabi Muhammad SAW di Lapas Kls IIa Pematangsiantar Jl. Asahan Km. 6

Menurut keterangan dari bagian Humas Polres Simalungun Aipda N. Surbakti, Kasatreskrim sedang berada di Medan.

"sepengetahuan saya, Kasatreskrim sedang di Medan, bang,"jelas Surbakti

AR (41) warga sekitar menyampaikan harapannya kepada awak media,"jika Polres Pematangsiantar tutup mata dengan adanya judi gelper ini, ya kami berharap Kapolda untuk menindak lanjuti apa yang menjadi keluhan kami bnag, "ujar AR

Tim/red.

Tarutung, 15 Nov 2019 (Polmas-poldasu) - Akibat hal sepele adik kandung tega menghabisi nyawa abangnya dengan menggenaskan, kejadian tersebut hari Jumat pukul 00:30 wib 15-November-2019. berawal ketika korban Junianto Waruwu laki-laki 36 thn mendatangi rumah orang tuanya didusun sopo Saba desa pagaran pisang kecamatan adiankoting Kabupaten tapanuli utara.

Setiba didepan pintu rumah orang tuanya berinisial T.br Sitompul,sikorban menggedor-gedor pintu agar dibuka dari dalam.

Tidak terima karena terus menerus digedor-gedor pintu rumah tersebut,pelaku Adek korban sendiri Firman Waruwu laki-laki 25 tahun, membukakan pintu dan terjadilah cek cok Mulut sesama mereka abang-adek.

Sikorban pulang dan kemudian kembali datang pukul 05:60 wib.kerumah orang tuanya hal yang sama dilakukan korban, menggedor-gedor kembali pintu rumah orang tuanya.

Pelaku keluar menemui korban dan terjadi kembali perang mulut,sehingga pelaku emosi dan mengambil benda tajam berupa parang dan melakukan pembacokan dibagian kepala dan leher korban,tidak puas dengan membacok pelaku mengambil benda tumpul batu memukul korban berulangkali sampai tewas ditempat kejadian,didusun sopo Saba,desa pagaran pisang kecamatan adiankoting Tapanuli Utara.

Pihak kepolisian Tapanuli Utara mengambil tindakan chek TKP dan mengamankan pelaku/tersangka kemapolres Taput.

Kejadian tersebut dibenarkan Kapolres Tapanuli Utara AKBP Horas Marisi Silaen melalui Kasubbag Humas polres Taput Aiptu Sutomo M Simare-mare.

Frish h silaban.
Kabiro Polmas poldasu kab Taput/ Humbahas

Page 1 of 39
© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo