Poldasu Tangkap Penyebar Hoaks Corona

By March 18, 2020 215

Medan (POLMAS) - Polda Sumut, dalam hal ini Tim Cybercrime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut, berhasil menangkap pria yang melakukan penyebaran informasi bohong atau hoaks. Seperti yang diberitakan sebelumnya, penyebaran informasi bohong tersebut terkait Virus Corona atau Covid-19.

Dalam hal ini, petugas berhasil amankan seorang pria berinisial HG, yang merupakan warga Jalan Kapten Rahmad Budin , Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, pada Minggu (15/3/2020).

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan, membenarkan terkait penangkapan ini. Hingga kini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap pria berinisial HG tersebut.

"Benar, ada seorang warga yang diamankan oleh Ditkrimsus Polda Sumut, terkait dugaan penyebaran informasi tidak benar dan meresahkan masyarakat," ujarnya, Selasa (17/3/2020).

Polisi juga menyita barang bukti satu unit handphone yang diduga digunakan pelaku untuk memposting dan menyebarkan hoaks.

"Pelaku diduga menyebarkan informasi yang tidak benar dengan tulisan "Istana lock down" dan menyebutkan bahwa ada beberapa menteri dan istri menteri yang positif terkena virus corona atau Covid-19.

Saat ini pelaku sedang dalam pemeriksaan lebih lanjut di Ditreskrimsus Polda Sumut, terkait motif pelaku menyebarkan berita bohong tersebut," sambung AKBP MP Nainggolan

Terkait kejadian ini, AKBP MP Nainggolan mengimbau masyarakat terutama kaum muda, agar lebih bijak dalam menggunakan smartphone.

"Tolong lah bijak dalam menggunakan alat komunikasi ini terutama smartphone. Jangan sampai jari telunjuk ini menjeratnya ke ranah hukum. Hati-hati lah, jangan asal-asal menyebar informasi. Teliti, cek kebenarannya," pungkasnya.(Red)

 
 
© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo