Pembangunan Drainase parit saluran air Kelurahan Kwala Bingai Bingai disorot. Warga sesalkan air hujan Melimpah ke perkarangan rumah.

By July 01, 2020 124
 
 
Stabat (Polmas Poldasu) - Pengerjaan pembangunan  Parit saluran air ( drainase) di Lingkungan/ dusun XI Wismorejo kelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat kabupaten Langkat sepanjang kurang lebih 150 M disorot banyak pihak dan menuai kritikan tak sedap dari beberapa elemen masyarakat luar dan dan warga setempat.
 
Pasalnya drainase yang dibangun bertujauan untuk menormalisasi air hujan agar tidak melimpah yang dapat mengakibatkan banjir dadakan di lingkungan perumahan dan pemukiman warga ini tidak dapat bekerja menyakurkan air dengan baik,senantiasa apabila curah hujan tinggi air melimpah ke perkarangan halaman rumah warga.
 
Salah seorang warga Wismorejo yang ditemui Media Polmas Poldasu yang bernama Sa'un (50) th pada hari Jum' at (27/06) bahwa pengerjaan drainase itu tidak ada plangnya waktu dikerjakan dan setahu saya sumber dananya dari kelurahanlah .
 
Masih bersama Sa'un dan rekan menyesalkan kalau pengerjaan drainase itu asal jadi saja dimana masalahnya adalah pipa atau reol yang lama tidak diganti ..
seharusnya pihak pemborong atau kelurahan mengganti dan membongkar reol yang lama diganti dengan ukuran Reol 40" sehingga hasilnya fisiknya buruk tak sesuai dan drainasepun tak dapat bekerja dengan maksimal karena pipi atau reol masih tebenam dan tidak dicuci dan tersumbat sampah terang Sa'un dan rekan.
 
Menanggapi hal ini Muhammad Soleh dari 
Badan Advokasi Indonesia (BAI DPP Pusat) angkat bicara " bagaimana mungkin pembangunan fisik drainase yang ada di daerah lingkungan kantor bupati Langkat seburuk itu , Stabat adalah kota administratif Langkat...jadi pengerjaan proyek pembangunan yang ada sekitarnya yang menyangkut dengan tataruang dan pemukiman dituntut harus  bernilai baik lagi indah..katanya 
 
Saya sudah lihat kalau badan atas top atau topi drainase  tidak kurus.berkelok seperti ular...saya kira Pak lurahnya seharusnya malulah tandas Muhammad Soleh.
 
Disambangi Polmas Poldasu di ruangannya Kasipem Camat Stabat Siswoyo mengatakan .kalau pembangunan parit drainase di Wismorejo itu adalah bukan kopetensi nya.hanya saja saya dan pak camat juga harus kroscek tentang itu...
Ada bagian pengawas dan penilai dari pihak kecamatan sebanyak tiga orang yakni pak Dadang Hariadi, pak Iman dan pak Surian hanya itulah yang dapat saya sampaikan ,wah apakah Lurahnya sudah bapak konfirmasi ? diakhir pembicaraa Siswoyo.
 
Merasa penasaran Wartawan Polmas Poldasu menyambangi kantor lurah Ke Bingai kecamatan Stabat ...Selasa 30/06 
Terkait hal ini Misnan S.Sos mengatakan ..."saya awalnya sudah perintahkan bongkar itu semua, tetapi tidak juga dibongkar, serta saya sangat kecewa dengan pengerjaan drainase seperti itu..
 bongkar kembali jembatan dan reolnya kita pastikan baik,jelas Pak Lurah Misnan.
 
Dan Lurah Misnan S.Soa berjanji ada penambahan volum panjang drainase kedepannya kurang lebih tigaratusan meter lagi....Untuk itu saya betul- betul minta maaf pada semua pihak semoga kita akan lebih baik lagi kedepannya harap Murah Kw Bingai Misnan S.Sos (Syahrial)
© 2018 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved

Designed by : Invasindo