Kabid Humas Poldasu Jadi Pemateri Kegiatan PPATK Goes To Campus di UINSU

By March 08, 2019 11
Medan (POLMAS) - Kabid Humas Polda Sumut Kombes. Pol. Tatan Dirsan Atmaja, S.Ik, mewakili Kapolda Sumut menghadiri undangan dari Universitas Islam Negeri Sumut (UINSU).
 
Kabid Humas Polda Sumut menjadi narasumber dalam Seminar Nasional PPATK Goes To Campus dengan tema Peran Media Dalam Pemberantasan Korupsi di Indonesia, Rabu (6/3/2019) di Aula Pusbinsa  Universitas Islam Negeri Sumut (UINSU) Jalan Willem Iskandar Medan Estate.
 
Kegiatan seminar tersebut dipandu Fakhru Rozi sebagai Moderator dan Narasumber Dr. (Cand) Fauziah Lubis M. Hum, Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Sosial, Muhammad Sigit, Deputi Bidang Pencegahan PPATK, Kombes Pol. Tatan Dirsan Atmaja, S.Ik, Kabid Humas Polda Sumut. Serta dihadiri oleh sekitar 100 orang mahasiswa.
 
Dalam Paparannya, pihak PPATK Muhammad Sigit menyampaikan PPATK sebagai lembaga intelijen bidang keuangan yang independen, Polisi sebagai mitra kerja dari PPATK
 
"PPATK hadir untuk membantu para penegak hukum memberantas kejahatan. Tujuan utamanya untuk menjaga integritas sistem keuangan dan ekonomi dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.
 
Sigit mencontohkan dalam dunia perbankan, jangan sampai perbankan dijadikan sarana untuk tindak pidana pencucian uang.
 
Dalam prosesnya, Penegak hukum yang bisa menyelidiki data keuangan adalah Kepolisian, Kejaksaan, KPK, BNN, kementrian keuangan, jelasnya.
 
“Yang berhak memberikan informasi keuangan juga penyidik bukan pihak PPATK. Yang disampaikan pihak PPATK ke penyidik adalah hasil analisis transaksi keuangan,” katanya.
 
Sementara itu Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja menyampaikan materi bahwa Penyidik Tipikor selalu berkoordinasi dengan pihak BPKP dan PPATK untuk menyelidiki aliran dugaan korupsi
 
Medsos juga berperan besar dalam upaya peranan pencegahan dan penyelidikan korupsi.
 
“Ada beberapa hal kasus yang tidak bisa diekspos. Pemberitaan media dalam peranannya harus selaras terkait ekpos tersangka kasus korupsi dengan menjunjung asas praduga tak bersalah,” ujar Kabid Humas.
 
Kabid Humas menambahkan Media dapat memberikan informasi yang berimbang dan masyarakat tidak menerima informasi yang salah tentang pengungkapan korupsi.
 
Usai pemaparan oleh pemateri kegiatan dilanjutkan dengan Sesi Tanya Jawab dan foto bersama. (Rel)
© 2019 Tabloid Polmas Poldasu. All Rights Reserved